Kepala Daerah Muda Disebut Punya Banyak Tantangan

    Candra Yuri Nuralam - 11 Januari 2021 04:19 WIB
    Kepala Daerah Muda Disebut Punya Banyak Tantangan
    Ilustrasi Pilkada 2020. Medcom.id



    Jakarta: Sebanyak 37 pimpinan daerah berusia muda terpilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Dari 37 itu, 20 di antaranya menjabat sebagai kepala daerah dan 17 sebagai wakil kepala daerah.

    Peneliti dari Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Mahardhika menilai pimpinan daerah berusia muda mempunyai banyak tantangan. Terutama tentang loyalitas dengan rakyat dengan kepentingan partai.






    "Pimpinan muda akan menghadapi dinamika fragmentasi partai di parlemen yang tinggi tanpa dukungan mayoritas," kata Dhika dalam telekonferensi di Jakarta, Minggu, 10 Januari 2021.

    Dhika mengatakan masalah dua kepentingan itu akan sulit dijalani oleh para pemimpin muda. Sebab, saat ini pimpinan muda masih dibayang-bayangi dengan politik kekerabatan.

    Baca: Iklan Kampanye Politik di Media Sosial Bisa jadi Hasutan

    Menurutnya, banyak pimpinan muda yang maju dengan membawa nama anggota keluarganya. Sehingga, kata Dhika, lobi-lobi kepentingan usai dipilih berpotensi terjadi.

    "Sebanyak 23 calon kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih berusia 34 tahun mempunyai hubungan kekerabatan dengan elite politik," ujar Dhika.

    Namun, Dhika juga berharap pemimpin muda membawa angin segar dalam kemajuan daerah. Apalagi, pemimpin muda masih bersih dari kebiasaan politik buruk pendahulunya.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id