ASEAN Perlu Bentuk Satu Kebijakan Keamanan Siber

    Antara - 19 September 2019 18:32 WIB
    ASEAN Perlu Bentuk Satu Kebijakan Keamanan Siber
    Menkominfo Rudiantara. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
    Jakarta: ASEAN perlu memiliki satu kebijakan soal keamanan siber. Aturan ini bisa menjadi pedoman bersama di tingkat regional dalam menghadapi serangan siber. 

    "ASEAN harus membentuk, bekerja sama, dan berkreasi sebagai satu ASEAN. Ini tidak hanya terdiri dari 10 negara tetapi harus menjadi satu kebijakan keamanan siber dan satu pasukan keamanan siber untuk mengatasi potensi serangan siber dan menjadi jembatan keamanan siber di wilayah ASEAN," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dalam ASEAN Chief Information Security Officer Forum 2019 di Auditorium BJ Habibie di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta, Kamis, 19 September 2019.

    Rudiantara mengatakan untuk menyongsong masyarakat ekonomi ASEAN 2025, keamanan siber menjadi satu hal yang harus diperhatikan. Untuk itu, ekosistem penguatan keamanan siber di ASEAN harus dibentuk melalui sinergi negara anggota. 

    ASEAN harus bersama-sama mengembangkan kapabilitas sumber daya manusia (SDM) di bidang keamanan siber. Pasalnya, hari demi hari serangan siber semakin berkembang sehingga perlu penguatan SDM untuk mencegahnya. 

    "Harus ada ekosistem dan human capital dan digital talent di dalam keamanan siber," ujar Rudiantara.

    Soal kecanggihan keamanan siber, saling mendukung dan berbagi praktik terkait keamanan siber antarnegara diperlukan. Dengan begitu, kekuatan keamanan siber ASEAN yang tangguh bisa terbentuk melalui satu kolaborasi.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id