Helmy Yahya Sebut Hak Siar Liga Inggris Murah

    MetroTV - 29 Januari 2020 08:34 WIB
    Helmy Yahya Sebut Hak Siar Liga Inggris Murah
    Mantan Direktur TVRI Helmy Yahya. Foto: MI/Panca Syurkani
    Jakarta: Mantan Direktur TVRI Helmy Yahya menyebut biaya yang dikeluarkan untuk menayangkan program liga Inggris terbilang murah. Program itu pun menjadi hiburan yang digemari masyarakat. 

    "Harganya cuma USD3 juta (Rp40,8 miliar), USD1 juta (Rp13,6miliar) itu komitmen diambil iklannya. Kami hanya bayar USD2 juta (Rp27,2 miliar)," kataHelmy dalam rapat dengar pendapat di Komisi I, di Kompleks Parlemen, Jakarta Selatan, Selasa, 28 Januari 2020.

    Menurut dia, TVRI dapat menayangkan 76 gim Liga Inggris. Dari penayangan ini, televisi pelat merah berhasil memperoleh keuntungan. TVRI kembali digemari masyarakat Indonesia, terutama kaum pria. 

    "Kalau dihitung-hitung dapat preview, highlight, satu jam, 38 minggu, dapat after match, kami hitung-hitung per episodenya per jamnya hanya Rp130 juta, boleh itu sangat menghibur di Indonesia," tutur dia.

    Ia menambahkan liga Inggris menjadi konten prioritas. Meski memerlukan dana yang lebih besar dari program lokal, program ini membuat penonton betah berlama-lama meyaksikan tayangan TVRI.

    "Liga Inggris bagi kami killer content sebuah showcase, etalase. Orang melihatnya ada di situ kemudian masuk dan dia akan belanja program yang lain. Itu sosialisasi kami, pendidikan kami, dan sebagainya, dan terus berlanjut," jelas dia.

    Sementara itu, program asing menjadi salah satu alasan Dewan Pengawas (Dewas) TVRI memberhentikan Direktur Utama TVRI Helmy Yahya. Siaran-siaran juga dinilai cuma mengejar rating.

    "Tupoksi (tugas pokok dan fungsi) sesuai visi misi TVRI adalah televisi publik, kami bukan swasta. Jadi yang paling utama adalah edukasi, jati diri, media pemersatu bangsa," kata Ketua Dewan Pengawas TVRI Arief Hidayat Thamrin, Selasa, 21 Januari 2020.

    Salah satu yang dikritisi ialah program siaran Liga Inggris. Tayangan itu dinilai lebih banyak diekspose ketimbang konten lokal khas Indonesia. (Ahmad Fausi)





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id