Upaya Kaderisasi NasDem di Tengah Pandemi Covid-19

    Anggi Tondi Martaon - 01 Juli 2020 21:15 WIB
    Upaya Kaderisasi NasDem di Tengah Pandemi Covid-19
    Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Medcom.id/Fachri Audia Hafiez.
    Jakarta: Wabah virus korona berdampak terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Partai politik (parpol) juga merasakan dampak tersebut, terutama proses kaderisasi.

    Majelis Tinggi Partai Nasional Demokrat (NasDem) Lestari Moerdijat (Rerie) mengatakan virus korona menjadi tantangan NasDem dalam proses kaderisasi. Menurutnya, adaptasi harus dilakukan agar proses kaderisasi tetap berjalan.

    "Bagaimana proses kaderisasi parpol dalam kondisi covid-19 periode memasuki masa new normal," kata Rerie dalam diskusi virtual yang dilakukan oleh Denpasar 12, Rabu, 1 Juli 2020.

    Wakil Ketua MPR itu mengungkapkan kaderisasi tetap harus berjalan. Sehingga, kader tetap memegang semangat dibentuknya Partai NasDem.

    Rerie menjelaskan salah satu alasan dibentuknya Partai NasDem, yaitu untuk menjawab keraguan masyarakat terhadap parpol. Menurutnya, masyarakat dalam kondisi kejenuhan terhadap janji yang disampaikan oleh parpol.

    "Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap parpol yang sesungguhnya salah satu pilar terpenting dalam negara berada dalam titik nadir," ujar dia.

    Baca: NasDem Ingatkan Pemerintah Soal Penaikan Iuran BPJS Kesehatan

    Sementara itu, Gubernur Akademi Bela Negara (ABN) NasDem I Gusti Kompyang (IGK) Manila mengatakan berbagai penyesuaian harus dilakukan dalam pendidikan politik kader NasDem. Sehingga kaderisasi bisa berjalan maksimal di tengah keterbatasan akibat pandemi virus korona.

    "Partai tidak boleh diam. Partai harus melanjutkan pendidikan politik dan kaderisasi partai pada kader kita untuk bisa bersaing pada kondisi ini," kata Manila.

    Dia berharap melalui diskusi virtual yang diselenggarakan oleh Denpasar 12 memberikan solusi keterbatasan yang terjadi saat ini. Sehingga dapat diterapkan oleh ABN dalam menjalankan tugasnya.

    "Melakukan pendidikan politik dan kaderisasi partai," ujar dia.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id