comscore

Ekonomi Terjaga Bukti Kerja Nyata 2 Tahun Jokowi-Ma'ruf

Theofilus Ifan Sucipto - 22 Oktober 2021 15:47 WIB
Ekonomi Terjaga Bukti Kerja Nyata 2 Tahun Jokowi-Maruf
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: dok MI/Susanto
Jakarta: Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menilai bidang ekonomi salah satu capaian nyata dua tahun Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Pimpinan Negara berhasil menahan kontraksi ekonomi di tahun 2020 yang hanya sebesar -2,07 persen year on year (yoy).

"Capaian tersebut tentunya tidak terlepas dari keberhasilan upaya pemerintah dalam pengendalian pandemi covid-19," kata Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Jumat, 22 Oktober 2021.
Menurut Airlangga, capaian pemerintah ini membuat Indonesia menempati peringkat ke-4 di antara negara G20. Selain itu, penguatan pengendalian pandemi juga berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

Airlangga menuturkan ekonomi Indonesia tumbuh 7,07 persen (yoy) di Triwulan II-2021. Pertumbuhan ini tertinggi dalam 16 tahun terakhir.

Konsumsi pemerintah, kata Airlangga, terus memegang peranan aktif dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi selama pandemi. Termasuk pada Triwulan II-2021. 

Baca: Penanganan Pandemi Jadi Syarat Mutlak Pemulihan Ekonomi

"Upaya ini dapat mendorong peningkatan pada komponen konsumsi rumah tangga dan investasi," ucap Airlangga.

Menteri Koordinator Bidang Perkonomian itu mengatakan telah terjadi pemulihan pada permintaan pasar domestik. Khususnya di sektor utama seperti sektor industri pengolahan, perdagangan, konstruksi, transportasi, dan pergudangan.

"Pemulihan yang terjadi di berbagai sektor utama mencerminkan aktivitas ekonomi sudah mulai bangkit Kembali," kata Airlangga.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id