RUU PRT Dinilai Melindungi Pekerja dari Agen Nakal

    Siti Yona Hukmana - 23 Juli 2020 21:49 WIB
    RUU PRT Dinilai Melindungi Pekerja dari Agen Nakal
    Ketua Fraksi NasDem DPR Taufik Basari. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
    Jakarta: Partai NasDem mendorong pengesahan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PRT). Undang-undang itu dinilai memanusiakan PRT.

    "Pekerja ini dan mereka yang menggunakan dari pekerja rumah tangga ini bisa terlindungi dari agen-agen yang nakal, jangan sampai ada yang dimanfaatkan," kata Ketua Fraksi NasDem DPR Taufik Basari dalam program Newsmaker Medcom.id, Kamis, 23 Juli 2020.

    Taufik meluruskan RUU PRT tidak menyulitkan pemberi kerja dan pekerja. Dia memastikan pembatasan jam kerja, wajib memberikan gaji sesuai upah minimum regional (UMR), dan hubungan formal dengan perjanjian kerja tidak terjadi.

    "Kita sudah merumuskan bahwa kita tidak ingin mengubah kondisi sosial itu, karena itu pendekatan di dalam rumah tangga adalah seperti yang sekarang ada cuma kita memberikan tambahan jaminan perlindungan bagi pekerja rumah tangga," ungkap anggota Komisi III DPR itu.

    RUU PRT telah dibahas 16 tahun dan tak kunjung disahkan. Pengesahan dinilai tersendat karena ada pemahaman-pemahanan keliru soal ketentuan dalam RUU PRT tersebut.

    Taufik mengatakan naskah RUU PRT telah rampung. Ada tujuh fraksi yang menyetujui RUU PRT. Pihaknya terus berupaya mengesahkan RUU PRT tersebut.

    "Sebenarnya RUU PRT ini sudah selesai dilakukan harmonisasi sinkronisasi dan pembuatan naskah juga sudah selesai, bisa segera ditugaskan dalam paripurna," ujar Taufik.

    (REN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id