Pemerintah Diingatkan Tidak Tiru Cara AS Tangani Covid-19

    Anggi Tondi Martaon - 01 Agustus 2020 15:43 WIB
    Pemerintah Diingatkan Tidak Tiru Cara AS Tangani Covid-19
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Pemerintah diminta berkaca pada pengalaman Amerika Serikat (AS) dalam menangani wabah virus korona. Penyebaran covid-19 di 'Negeri Paman Sam' itu merajalela karena lebih fokus pada ekonomi ketimbang kesehatan.

    "Dua-duanya (ekonomi dan kesehatan) memang perlu. Namun, kita berharap tetap ada prioritas saat status kasus (covid-19) meningkat," kata Ketua terpilih Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Dedi Supratman dalam diskusi virtual Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI), Sabtu, 1 Agustus 2020.

    Menurut dia, peningkatan kasus covid-19 di Indonesia masih tinggi. Rata-rata penambahan kasus berjumlah masih ribuan per hari. 

    "Kalau ini terus meningkat maka harus kita antisipasi dan harus kita perbuat pencegahannya karena yang saya khawatir ini akan terus meningkat," ungkap dia.

    Dia menyebutkan peningkatan penyebaran covid-19 harus menjadi acuan pemerintah dalam mengambil kebijakan ekonomi. Langkah pemerintah harus diikuti dengan implementasi dan pengawasan ketat.

    "Sekali lagi kita ingin upaya pencegahan diperkuat agar kasus penyebaran tidak terus meningkat," sebut dia.

    Baca: Anies Sebut Warna Zona Covid-19 Sudah Tak Relevan

    Dia mengingatkan pemerintah tidak gegabah dalam mengambil keputusan. Berbagai upaya perbaikan ekonomi akan sia-sia kalau peningkatan kasus tetap tinggi.

    "Sekali lagi kami sampaikan kami dari kalangan kesehatan  tidak mendukung ekonomi, tidak. Tapi kalau dibuka kasus meningkat ya ancamannya tutup lagi. Jadi itu sama juga dan konyol," ujar dia.

    (OGI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id