PAN Hormati Keputusan Hanafi jika Ingin Mundur

    Anggi Tondi Martaon - 05 Mei 2020 12:35 WIB
    PAN Hormati Keputusan Hanafi jika Ingin Mundur
    Politikus PAN Hanafi Rais. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto



    Jakarta: Partai Amanat Nasional (PAN) menghargai langkah Ketua Fraksi PAN Ahmad Hanafi Rais jika ingin mundur dari partai. Keputusan itu menjadi hak setiap kader.

    "Kami menghormati sikap dan keputusan setiap kader PAN dalam membaktikan dirinya kepada partai dan masyarakat, baik di dalam struktur partai maupun di luar," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN Eddy Soeparno saat dihubungi, Selasa, 5 Mei 2020.

     



    Menurut dia, PAN yakin setiap insan politik memiliki banyak cara mengabdi kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Mereka tidak harus selalu berjuang melalui jalur partai politik.

    "Setiap insan politik dapat berbakti dan berkontribusi secara aktif kepada masyarakat sesuai dengan cara yang dianggap terbaik bagi dirinya masing-masing," ungkap dia.

    Di sisi lain, Eddy belum mendengar informasi soal Hanafi. DPP juga belum menerima surat pengunduran diri resmi dari anak pendiri PAN Amien Rais itu.

    Sementara itu, foto surat pengunduran Hanafi Rais beredar di kalangan media. Dalam surat tersebut, Hanafi tidak menjelaskan detail alasan pengunduran dirinya.

    "Bersama surat ini, saya menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari ketua Fraksi PAN DPR, dan dari anggota DPR Fraksi PAN 2019-2024," tulis Hanafi dalam surat bertanggal 5 Mei 2020 itu.

    Dalam surat bermeterai Rp6.000 itu, Hanafi berharap PAN bisa menegakkan prinsip keadilan dan menjaga keutuhan sesama kader. Hal ini diperlukan mengingat partai lambang matahari terbit itu baru saja melewati kongres yang sarat dengan kekerasan pada Februari 2020,

    "Kita hendaknya sudah dan terus tobati apa yang terjadi," sebut dia.

    Dia menilai PAN melewati momentum untuk memperbaiki diri agar lebih bijaksana dan bersikap. Pengurus PAN saat ini cenderung konformitas terhadap kekuasaan.

    Baca: Surat Pengunduran Diri Hanafi Rais Belum Sampai ke PAN

    "Sekalipun didahului dengan kritik-kritik, bukan sikap yang adil di saat banyak kader dan simpatisan menaruh harapan PAN jadi antitesis pemegang kekuasaan," sebut dia.

    Di penghujung surat tersebut, Hanafi meminta maaf atas segala kekurangannya. Medcom.id sudah berusaha mengonfirmasi langsung kebenaran surat itu kepada Hanafi melalui via pesan singkat dan telepon. Namun, hingga saat ini belum ada respons dari Hanafi.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id