Jokowi Soroti Tingginya Penderita Covid-19 di Surabaya

    Nur Azizah - 25 Juni 2020 11:57 WIB
    Jokowi Soroti Tingginya Penderita Covid-19 di Surabaya
    Presiden Joko Widodo. ANT/Sigid Kurniawan
    Jakarta: Presiden Joko Widodo menyentil penanganan covid-19 di Kota Surabaya, Jawa Timur. Surabaya menjadi salah satu wilayah di Jawa Timur yang memiliki kasus covid-19 terbanyak, yakni 4.962 kasus.

    Kasus kematian covid-19 di Surabaya juga paling tinggi se-Jawa Timur, yakni 10 orang per 100 ribu penduduk. Jokowi meminta kasus covid-19 di Kota Pahlawan segera dikendalikan. Sebagai wilayah aglomerasi, Jokowi minta Surabaya didahulukan.

    "Saya melihat memang yang paling tinggi adalah di Surabaya Raya. Ini adalah wilayah aglomerasi yang harus terlebih dahulu dikendalikan. Enggak bisa sendiri," kata Jokowi di Jawa Timur, Kamis, 25 Juni 2020.

    Baca: Jokowi Perintahkan Khofifah Tekan Pertumbuhan Covid-19 dalam 2 Pekan

    Jokowi meminta agar koordinasi antara Pemprov Jawa Timur dan pemerintah daerah diperkuat. Begitu juga Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 daerah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, TNI, dan polri.

    Mantan Wali Kota Solo ini memerintahkan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II untuk menangani rumah sakit darurat di Jawa Timur. Mereka bertugas menyinergikan antara RS darurat dan RS rujukan.

    "Nanti dipilah mana yang berat, mana yang ringan, penempatannya di RS yang mana sehingga semuanya tidak masuk ke dalam satu titik dan tidak dipisah-pisahkan dan tidak menumpuk pasien itu di satu RS sementara yang lain masih banyak yang kosong," ungkap Jokowi.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id