Legislator: Jokowi Saja Hadir Diundang DPR

    Anggi Tondi Martaon - 26 Februari 2020 14:10 WIB
    Legislator: Jokowi Saja Hadir Diundang DPR
    Komisi V DPR mengumpulkan pihak terkait untuk meminta keterangan terkait penanganan banjir Jabodetabek. Foto: Medcom.id/Anggi Tondi Martaon
    Jakarta: Anggota Komisi V DPR Sudewo membandingkan sikap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Joko Widodo (Jokowi) saat masih jadi gubernur. Jokowi saja mau memenuhi undangan rapat dengar pendapat (RDP) dengan DPR RI.

    "Forum itu Pak Joko Widodo hadir memenuhi undangan komisi V," kata Sudewo dalam RDP Penanganan Banjir Jabodetabek di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu, 26 Februari 2020.

    Kehadiran Anies dinilai sangat diperlukan karena pengambilan kebijakan ada di tangan kepala daerah. Bukan perwakilan yang ditunjuk memenuhi undangan RDP.

    Baca: Anies Sebut Normalisasi Sungai Tanggung Jawab Pusat

    Sudewo mengingat rapat pada 31 Januari 2013 tersebut juga membahas banjir yang melanda Jakarta. Komisi V DPR kala itu melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan dewan hari ini, mengundang kepala daerah dan pemerintah pusat.

    Berbagai masukan penanggulangan banjir yang menjadi kesimpulan RDP bisa diterapkan langsung. Tahun berikutnya banjir tidak lagi separah banjir pada 2013.

    Legislator: Jokowi Saja Hadir Diundang DPR
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, Selasa, 25 Februari 2020. Foto: Medcom.id/Cindy

    Ketidakhadiran Anies dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta Gubernur Banten Wahidin Halim sangat disayangkan. Padahal, Komisi V ingin memberikan masukan penanganan bencana menahun yang terjadi di Jabodetabek.

    "Karena gubernur tidak hadir sudah sepakat rapat ini sebaiknya kita tunda," ujar dia.

    Seperti diketahui, Komisi V mengundang Menteri PUPR Mochamad Basoeki Hadimoeljono, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Banten Wahidin Halim, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, perwakilan BMKG dan Badan SAR Nasional. Pertemuan dilakukan untuk membahas banjir yang melanda wilayah Jabodetabek yang terjadi awal 2020.

    Baca: Sindiran Keras Komisi V ke Program Naturalisasi Anies



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id