Kementerian BUMN Diminta Fokus Menangani Korona

    Anggi Tondi Martaon - 23 Maret 2020 17:31 WIB
    Kementerian BUMN Diminta Fokus Menangani Korona
    Ilustrasi Gedung Kementerian BUMN. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu
    Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diminta fokus menangani virus korona (covid-19) ketimbang tugas lain. Karena masalah ini menyangkut nyawa banyak orang.

    "Lebih baik mengutamakan keselamatan terlebih dahulu baru kemudian memikirkan yang lain," kata Anggota Komisi VI DPR Achmad Baidowi kepada Medcom.id, Senin, 23 Maret 2020.

    Menurut dia, wabah ini sangat berpengaruh terhadap kinerja pemerintah. Termasuk dalam penyelesaian kasus Jiwasraya.

    "Terpenting tidak melupakan persoalan Jiwasraya, hanya menunda sebentar hingga situasi reda," ungkap politikus PPP itu.

    Wakil Ketua Badan Legislasi itu mengeklaim Komisi VI DPR akan mengawal penyelesaian korupsi di perusahaan asuransi pelat merah tersebut. Termasuk pembayaran klaim nasabah yang dijanjikan pada Maret 2020.

    "Kalau kondisinya tidak memungkinkan, ya diundur sedikit enggak masalah. Jangan sampai sibuk urus Jiwasraya malah tak sengaja turut menyebarkan covid-19," ujar dia.

    Baca: Covid-19 Belum Berpengaruh ke Bisnis BUMN

    Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo sebelumnya menyampaikan pembayaran klaim nasabah Jiwasraya akan dilakukan setelah rapat dengan Komisi VI DPR. DPR kini tengah menjalani masa reses dan baru kembali aktif pada 30 Maret 2020.

    Kartika mengatakan pembayaran akan dilakukan untuk pemegang polis tradisional. Kementerian BUMN mengutamakan pembayaran untuk pemegang polis tersebut lantaran nasabahnya merupakan pensiunan.

    Sumber dana untuk membayar klaim berasal dari obligasi atau surat utang serta aset likuid milik Jiwasraya yang bisa dijual, misalnya aset dalam bentuk properti seperti Cilandak Town Square (Citos). Mantan Direktur Utama Bank Mandiri ini mengatakan sudah ada pihak yang tertarik membeli Citos. Namun, Tiko enggan menyebutkan nama lantaran urusan business to business (B to B).



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id