Jejak Boy Rafli, Kepala BNPT Masuk Bursa Calon Kapolri

    Cindy - 10 Januari 2021 03:32 WIB
    Jejak Boy Rafli, Kepala BNPT Masuk Bursa Calon Kapolri
    Irjen Boy Rafli Amar. ANT/Sigid Kurniawan
    Jakarta: Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal (Komjen) Boy Rafli Amar masuk bursa calon Kapolri. Boy dianggap memenuhi syarat dari aspek profesionalitas, loyalitas, dan jam terbang.

    Perwira tinggi (Pati) Polri ini menjabat jabatan Kepala BNPT sejak 6 Mei 2020. Boy menggantikan Komjen Suhardi Alius yang pensiun.

    Boy lahir di Jakarta pada 25 Maret 1965. Boy merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) pada 1988 dan berpengalaman dalam bidang reserse.

    Boy mengawali karir sebagai Pamapta Polres Metro Jakarta Pusat pada 1988. Boy kerap ditugaskan di sejumlah jabatan di Polda Metro Jaya.

    Pada 1998, Boy dipercaya menjabat sebagai Wakil Kepala Polres Sorong. Kemudian pada 2004, Boy menjabat sebagai Wakil Kepala Polres Metro Jakarta Utara.

    Boy juga pernah menjabat sebagai Kapolres Kepulauan Seribu pada 2004, Kapolres Pasuruan pada 2006, Kepala Unit Negosiasi Subden Penindak Densus 88 Antiteror pada 2007. Kemudian, Direktur Reserse Kriminal Polda Maluku Utara pada 2008, dan Kapoltabes Padang pada 2008.

    Kemudian, Boy ditarik kembali ke Jakarta untuk menjabat Kabid Humas Polda Metro Jaya pada 2009. Boy diangkat menjadi Kabagpenum Ropenmas Divisi Humas Polri setahun berikutnya.

    Baca: Jejak Komjen Gatot Eddy yang Masuk Bursa Calon Kapolri

    Pada 2012, Boy meniti karirnya menjadi Karopenmas Divisi Humas Polri. Boy pun kembali ditugaskan pada jabatan baru sebagai Kapolda Banten pada 2014. Boy kembali ke Mabes Polri sebagai Kadiv Humas Polri pada 2016.

    Setahun kemudian, Boy diberi kepercayaan menjadi Kapolda Papua. Boy kembali ditarik ke Mabes Polri sebagai Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri pada 2018.

    Setelah dua tahun menjabat sebagai Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri, Boy diangkat menjadi Kepala BNPT hingga sekarang.  

    Sebelumnya, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyebut ada lima nama calon Kapolri yang diajukan oleh Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Kelima orang ini dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas dan jam terbang.
     
    Kelima nama tersebut, yaitu Gatot dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komnjen Boy Rafly Amar. Selanjutnya, Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Arief Sulistyanto, dan Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan Polri Komjen Agus Andrianto.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id