comscore

Kepercayaan Publik Rendah, DPR dan Parpol Mesti Berbenah

Fachri Audhia Hafiez - 27 September 2021 12:50 WIB
Kepercayaan Publik Rendah, DPR dan Parpol Mesti Berbenah
Ilustrasi: Medcom.id
Jakarta: Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali, menilai partai politik (parpol) dan DPR perlu berbenah diri. Hal ini diperlukan dalam merespons hasil survei Indikator Politik Indonesia yang menyebutkan tingkat kepercayaan publik terhadap DPR dan parpol paling rendah.

"Partai politik bersama anggotanya harus mulai melakukan pendekatan dan mengubah perilaku," kata Ali melalui keterangan tertulis, Senin, 27 September 2021.
Menurut Ali, hal itu dipengaruhi perilaku koruptif legislator dan partai politik. Selain itu, legislator dinilai kerap berbohong kepada rakyat. 

"Perilaku ini yang membuat kita semakin berjarak dengan masyarakat. Perilaku ini yang membuat lembaga DPR semakin dijauhi oleh rakyat," ujar Ali.

Baca: Plt Wakil Ketua DPR Pengganti Azis Syamsuddin Segera Ditentukan

Kader NasDem di legislatif diingatkan harus terus mewujudkan harapan masyarakat. Masalah yang dihadapi oleh rakyat juga mesti dipahami agar publik terus percaya dengan legislator.

Ali menekankan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mendirikan NasDem untuk membawa harapan-harapan masyarakat. Hal itu menjadi salah satu capaian partai.

"Ketua Umum tidak pernah menutup mata terkait permasalahan itu. Kalau kita ingin masuk, tetapi belum bisa mengubah perilaku politik, maka paling tidak mulai memberikan contoh yang baik," ujar Ali.

Kader NasDem juga harus tahu batasan dan kapasitasnya ketika terjun di masyarakat. Hal ini guna menghindari perilaku yang tak sesuai ketika diberikan amanah oleh rakyat.

"Yang diberikan kekuasaan oleh rakyat untuk jangan lupa diri dan melakukan perilaku yang menyesatkan partai serta mempermalukan diri sendiri," ucap Ali.

Survei Indikator Politik Indonesia mencatat hanya 50 dari 1.200 atau 4,1 persen responden yang percaya kepada DPR. Lalu, 36 persen responden sedikit percaya dan sembilan persen tidak percaya terhadap DPR.

TNI memiliki tingkat kepercayaan publik tertinggi, yakni 90 persen dengan hanya tujuh persen yang sedikit percaya. Pada posisi kedua, ada Presiden Joko Widodo dengan tingkat kepercayaan 82 persen dan 15 persen responden sedikit percaya.

Polri di posisi ketiga dengan tingkat kepercayaan 71 persen dengan rasio sedikit percaya 24 persen. KPK di posisi keempat dengan tingkat kepercayaan 65 persen dan sedikit percaya 26 persen.

Survei tersebut menyasar 1.200 responden melalui telepon pada 17-21 September 2021. Margin of error survei ini kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi dengan proporsional.

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id