Konvensi NasDem Ajang Dongkrak Elektabilitas Figur Tak Punya Panggung

    Fachri Audhia Hafiez - 16 November 2020 07:04 WIB
    Konvensi NasDem Ajang Dongkrak Elektabilitas Figur Tak Punya Panggung
    Wakil Ketua Panja RUU Ciptaker Willy Aditya. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri
    Jakarta: Konvensi calon presiden (capres) Partai NasDem bakal menjadi wadah bagi figur yang belum memiliki kendaraan politik untuk maju di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Kegiatan ini akan mendongkrak elektabilitas capres dari kalangan bottom-up.

    "Jadi panggung untuk kemudian meng-upgrade elektabilitas bagi mereka yang selama ini tidak memiliki panggung," kata Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya kepada Medcom.id, Minggu, 15 November 2020.

    Menurut dia, kriteria capres yang dicari NasDem ialah sosok yang dikehendaki rakyat. Sosok itu harus punya profesionalitas dengan dukungan elektoral yang tinggi.

    Baca: Konvensi Capres NasDem Perlu Perhitungkan Figur Berpolitik Kebangsaan Moderat

    Modal profesionalitas berupa integritas diri, kapasitas, dan kapabilitas. Sementara itu, modal elektoral yakni punya popularitas dan elektabilitas.

    "Tentu dengan konvensi akan ada kesempatan yang sama bagi siapa pun dari kalangan mana pun," ucap Willy.

    Anggota Komisi I DPR ini mengatakan calon yang diusung nantinya harus mematuhi konsekuensi dari pencalonan. Salah satunya mundur jika berstatus aparatur sipil negara (ASN) atau dari kepolisian dan militer.

    "Jadi ada dari kalangan TNI, Polri, ASN, dan lain sebagainya yang jauh dari panggung politik tentu ini bisa jadi panggung mereka," tutur Willy.

    NasDem menjadi salah satu partai yang mengambil ancang-ancang untuk Pilpres 2024. Partai besutan Ketua Umum Surya Paloh itu menggelar konvensi mencari sosok potensial untuk pemimpin selanjutnya pada 2022. Siapa pun diperkenankan mengikuti konvensi capres tersebut. 

    NasDem menerima kader dari partai politik lain di penyaringan itu. Komitmen ini dibuat karena NasDem ingin menjadi partai yang terbuka bagi semua kalangan. Indonesia membutuhkan pemimpin yang memiliki kapasitas dan kualitas serta mampu mengemban amanat konstitusi.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id