BKN: Hak PPPK dan PNS Sama

    Kautsar Widya Prabowo - 05 Januari 2021 10:44 WIB
    BKN: Hak PPPK dan PNS Sama
    Ilustrasi guru mengajar di kelas. MI/Bary Fathahillah.
    Jakarta: Badan Kepegawaian Nasional (BKN) memastikan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) memiliki hak yang sama dengan pegawai negeri sipil (PNS). Gaji dan tunjangan PPPK diberikan sesuai dengan level dan golongan.  

    "Pengaturan mengenai gaji dan tunjungan diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan Gaji PPPK," ujar Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam konferensi pers secara virtual, Selasa, 5 Januari 2021.

    PPPK juga menerima hak perlindungan dan hak pengembangan kompetensi yang sama dengan PNS. PPPK juga mendapat jaminan hari tua, jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, hingga bantuan hukum.

    Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) menegaskan ASN terdiri atas PNS dan PPPK. Keduanya hanya dibedakan berdasarkan pembagian kerja dan fungsi.

    "PNS difokuskan pada pembuatan keputusan. Sedangkan PPPK ini difokuskan pada peningkatan kualitas pelayanan publik dan mendorong terjadinya percepatan profesionalisme," terang Bima.

    Baca juga:  Ketua Komisi X Tolak Penghapusan Skema Jalur CPNS Guru

    Bima menegaskan ASN dengan status PPPK bukan tenaga kontrak biasa, melainkan tenaga profesional yang direkrut berdasarkan kebutuhan instansi. Masyarakat seharusnya tidak khawatir formasi ASN untuk sejumlah sektor akan banyak diisi PPPK.

    Sebelumnya, masyarakat dirisaukan dengan keputusan pemerintah untuk menutup peluang guru untuk menjadi PNS melalui seleksi CPNS. Seleksi guru hanya dibuka untuk formasi PPPK pada 2021.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id