Pemerintah Didorong Beri Ratu Kalinyamat Gelar Pahlawan Nasional

    Anggi Tondi Martaon - 19 Agustus 2020 19:24 WIB
    Pemerintah Didorong Beri Ratu Kalinyamat Gelar Pahlawan Nasional
    Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat/Istimewa.
    Jakarta: Pemberian gelar pahlawan nasional kepada Ratu Kalinyamat masih belum terwujud. Padahal, panglima perang asal Jepara itu memiliki peran penting dalam sejarah perjuangan Indonesia. 

    Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) mengusulkan supaya fakta dan data sejarah sahih tentang Ratu Kalimanyat dilengkapi. Sehingga pemerintah memiliki dasar yang kuat memberikan gelar tersebut. 

    "Sejumlah diskusi yang melibatkan para pakar untuk melengkapi bukti- bukti kepahlawanan Ratu Kalinyamat, sangat diperlukan guna memperkuat fakta yang mendasari pemerintah untuk memberikan gelar pahlawan nasional," kata Rerie dalam keterangan tertulis, Rabu, 19 Agustus 2020.

    Politikus NasDem itu mengungkapkan, terlepas dari polemik pemberian gelar pahlawan nasional, semangat Ratu Kalinyamat layak dicontoh. Terutama bagi kaum perempuan Indonesia.

    "Yang harus bisa dijawab saat ini adalah relevansi keteladanan Ratu Kalinyamat pada konteks saat ini dan nilai-nilai apa yang diwariskan Ratu Kalinyamat untuk negeri ini," ungkap dia.

    Sementara Sejarawan Universitas Gadjah Mada, Djoko Suryo, menyampaikan keterlibatan Ratu Kalinyamat dalam melawan penjajahan terlihat sekitar abad XVI. Ratu Kalinyamat melawan Portugis yang menguasai kawasan Asia Tenggara seperti di Selat Malaka dan Semenanjung Malaya. 
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id