Gubernur Diperintahkan Tak Kendur dalam Penanganan Covid-19

    Fachri Audhia Hafiez - 16 Juli 2020 21:57 WIB
    Gubernur Diperintahkan Tak Kendur dalam Penanganan Covid-19
    Presiden Joko Widodo/MI/Ramdani
    Bogor: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan para gubernur bekerja lebih giat dalam upaya penanganan virus korona (covid-19) di wilayahnya masing-masing. Para kepala daerah itu juga mesti bekerja dengan cara luar biasa.

    Hal itu disampaikan Kepala Negara saat memberikan pengarahan kepada para gubernur di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu, 15 Juli 2020. Jokowi menekankan pengendalian ekonomi dan kesehatan mesti terjaga di tengah pandemi.

    "Enggak bisa lagi kita kerja dengan SOP normal, enggak bisa. Kita harus kerja dengan standar operasional prosedur yang ada terobosannya. Anak buah ajak untuk masuk ke sana, biar cepat kerja kita," kata Jokowi dalam keterangan pers, Kamis, 16 Juli 2020.

    Jokowi juga menyampaikan dua hal dalam penanganan pandemi di bidang kesehatan. Yakni, menekan angka kematian akibat covid-19 dan di saat bersamaan meningkatkan angka kesembuhan.

    Baca: Jokowi Perintahkan Pemda Getol Belanja Daerah

    Hal tersebut belum lagi ditambah dengan upaya penanganan ekonomi yang juga mesti berjalan beriringan. "Bukan barang yang gampang. Sekali lagi, ini bukan barang yang gampang," kata Presiden.

    Kepala Negara menegaskan perekonomian dunia saat pandemi mengalami pertumbuhan negatif. Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi atau Organisation for Economic Co-operation and Development misalnya, memperkirakan pertumbuhan ekonomi sejumlah negara seperti Prancis di angka minus 17,2 persen.

    Kemudian, Inggris minus 15,4 persen, Jerman minus 11,2 persen, dan Amerika minus 9,7 persen. Hal-hal seperti itu, menurut Jokowi, harus diantisipasi oleh Indonesia.

    "Oleh sebab itu, di semester kedua, terutama di kuartal ketiga, kita harus berani berbuat sesuatu untuk ini diungkit ke atas lagi," tegas Jokowi.

    (JMS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id