Target Keterlibatan Perempuan di Parlemen Memprihatinkan

    Theofilus Ifan Sucipto - 27 Juni 2020 05:36 WIB
    Target Keterlibatan Perempuan di Parlemen Memprihatinkan
    Ilustrasi/Medcom.id
    Jakarta: Target keterlibatan perempuan di DPR dinilai memprihatinkan. Sebab target 30 persen legislator perempuan tak tercapai.

    “Ini bagaimana negara bisa menunjukkan pembuktian atau tanggung jawab agar 30 persen wanita di parlemen terwujud,” kata Ketua Umum Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Dwi Septiawati Djafar dalam telekonferensi di Jakarta, Jumat, 26 Juni 2020.

    Septiawati mengkritisi persentase perempuan di DPR periode 2019-2024 yang hanya mencapai 20,5 persen. Padahal, Undang-Undang Nomor 10 tahun 2008 tentang Pemilihan Umum DPR telah mengamanatkan kuota 30 persen bagi perempuan.

    Dia mengusulkan perubahan sistem nomor urut bagi kandidat perempuan. Misalnya, menempatkan 30 persen perempuan pada nomor urut satu di setiap daerah pemilihan (dapil).

    “Seandainya peserta Pemilu atau partai politik tidak bisa menempatkan 30 persen di dapil, bisa dibuatkan sanksi,” ujar Septiawati.

    Baca: Keterwakilan Perempuan dalam Pemilu Sulit Dipenuhi

    Septiawati juga berpendapat, perempuan yang akan maju dalam kontestasi Pemilu harus melewati pembinaan. Dia mencontohkan adanya syarat dua tahun bergabung di partai politik sebelum mencalonkan diri sebagai pemimpin.

    “Jadi kita bisa memastikan orang yang duduk di DPR memahami isu, memahami proses perjuangan, dan visi misi partai politik,” ucap dia.

    Semangat mewujudkan 30 persen perempuan di DPR membutuhkan niat dan komitmen legislator. Sebab, mereka yang menentukan regulasi pesta demokrasi tersebut.

    “Ini political will, supaya apa yang selama ini kita perbincangkan kuota 30 persen jadi sesuatu yang nyata,” tegas Septiawati.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id