Terowongan Silaturahmi Istiqlal dan Katedral Segera Dibangun

    Nur Azizah - 07 Februari 2020 10:28 WIB
    Terowongan Silaturahmi Istiqlal dan Katedral Segera Dibangun
    Foto udara renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta. Foto: Antara Foto/Aditya Pradana Putra
    Jakarta: Pemerintah akan membangun terowongan yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. Terowongan ini disebut sebagai 'terowongan silaturahmi'.

    Terowongan ini salah satu bagian dari revitalisasi kawasan Masjid Istiqlal. Revitalisasi pertama kali dilakukan sejak Masjid Istiqlal berdiri.

    "Tadi, ada usulan dibuat terowongan dari Masjid Istiqlal ke Katedral. Sudah saya setujui, ini menjadi terowongan silaturahmi," kata Jokowi di halaman Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat, 7 Februari 2020.

    Jokowi ingin mempermudah jemaah atau wisatawan religi mengakses kedua tempat ibadah itu. Warga pun tidak perlu menyeberang jalan.

    Renovasi Masjid Istiqlal dimulai sejak Mei 2019. Saat ini, progres renovasi masjid sudah 71,34 persen pada minggu ke-38. Renovasi ditargetkan rampung sebelum Ramadan tahun ini.

    Terowongan Silaturahmi Istiqlal dan Katedral Segera Dibangun
    Presiden Joko Widodo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan sejumlah pejabat negara lain meninjau revitalisasi Masjid Istiqlal. Medcom.id/Nur Azizah

    Revitalisasi ini menghabiskan dana Rp475 miliar yang digunakan untuk memperbaiki bagian dalam bangunan. Mulai pembersihan lantai dan dinding hingga perbaikan tata suara dan tata cahaya.

    Renovasi juga meliputi penataan Taman Pendidikan Madrasah Istiqlal,  ruang perkantoran di bawah masjid, dan area parkir. Penataan lanskap juga dilakukan.

    "Pembangunan lanskap di luar, bukan hanya interior, eksterior semuanya dibangun. Sungai yang ada di lingkungan Istiqlal semua diperbaiki sehingga tamannya lebih bagus lagi," pungkas Jokowi.





    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id