Kritik ICW Terkait BIN Disebut Bermuatan Politik

    M Sholahadhin Azhar - 30 Juli 2020 01:45 WIB
    Kritik ICW Terkait BIN Disebut Bermuatan Politik
    Ilustrasi/Antara.
    Jakarta: Kritik Indonesian Corruption Watch (ICW) atas kinerja Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan terkait informasi buron Djoko Soegiarto Tjandra, dinilai tak berdasar. Tuntutan pada Presiden Joko Widodo untuk mencopot Budi Gunawan tak dibenarkan.

    "Saya menduga ini tuduhan apriori dan kental dengan nuansa politis. Kelihatanya ICW sedang bermain politik dalam isu ini," kata Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo, melalui keterangan tertulis, Rabu, 29 Juli 2020.

    Menurut dia, kasus Djoko murni urusan penegak hukum. Sementara dalam konstitusi, BIN bukan lembaga penegak hukum. Sesuai Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2011 tentang Intelijen.

    Fungsi pokok BIN, kata dia, adalah pengumpulan dan analisis informasi. Bukan para ranah pro Justitia yang menjadi tugas pokok institusi kepolisian. 

    “Mekanisme penyaluran informasi dari BIN kepada institusi keamanan dan hukum bersifat tertutup. Bagaimana mungkin ICW menyimpulkan bahwa Kepala BIN Budi Gunawan tidak bekerja benar dalam kasus Djoko Tjandra?" kata dia.

    Baca: Kritik ICW ke BIN Dinilai Salah Alamat

    Menurut Karyono, hanya presiden yang memahmi kinerja BIN. Karena kepala negara merupakan pengguna tunggal BIN.

    "Maka, kalau ada pihak lain yang menafsir dan meraba-raba lalu dengan mudah menarik kesimpulan tentang kinerja BIN, besar kemungkinan pihak tersebut berhalusinasi atau sedang memainkan agenda politik tertentu", kata Karyono.

    Analis politik Boni Hargens menyebut tak ada pihak lain yang bisa mengukur kinerja BIN, kecuali presiden. Dia menganggap ICW tak bijak dengan menakar baik buruknya kerja Budi Gunawan.

    "Isu apapun yang sedang menjadi kontroversi di tengah masyarakat. Hanya Presiden yang tahu bagaimana BIN bekerja”, kata dia.


    (ADN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id