comscore

Ma'ruf Ingin Kampung Batik Cibuluh Menjadi Destinasi Wisata Baru di Bogor

Kautsar Widya Prabowo - 08 Juni 2022 18:38 WIB
Maruf Ingin Kampung Batik Cibuluh Menjadi Destinasi Wisata Baru di Bogor
Wakil Presiden Maruf Amin. Dok Setwapres.
Bogor: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin ingin Kampung Batik Cibuluh, Bogor Utara, menjadi destinasi wisata baru. Beragam motif batik khas Kota Bogor dijual di kampung tersebut.

"Nanti bukan hanya dikunjungi oleh pecinta batik dalam negeri tapi juga pecinta batik luar negeri datang ke kampung batik Cibuluh," ujar Ma'ruf saat mengunjungi Kampung Batik Cibuluh, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu, 8 Juni 2022.
Ma'ruf menjelaskan untuk menarik perhatian wisatawan, dibutuhkan kreasi dan inovasi yang baru saat memproduksi batik. Dia meminta perajin batik Cibuluh dapat menghasilkan produk fesyen berskala internasional.

"Supaya nantinya tidak hanya sekadar melahirkan produk batik tapi juga bisa menghasilkan produk-produk yang bernilai tambah," ucap dia.

Baca: Sandiaga Gelar Pelatihan Membatik Tingkatkan Kualitas Ekonomi Kreatif

Wakil Kepala Negara menjelaskan Kampung Batik Cibuluh merupakan salah satu wirausaha binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) Badan Amil dan Zakat Nasional (BAZANAS). Dia mendorong lembaga tersebut dapat memperluas pendampingan dalam mengembangkan Kampung Batik Cibuluh.

"Sekarang ada beberapa tempat yang memang jadi rumah promosi batik itu salah satunya juga di Sarinah, memang menjual produk dalam negeri termasuk batik. Mungkin batik Cibuluh ini supaya bisa (dijual di sana)," ucap dia.

Kampung Batik Cibuluh merupakan salah satu kampung binaan LPEM BAZNAS sejak 2019. Bantuan dana wirausaha yang telah digelontorkan sebesar Rp300 juta.

Selain itu, dulunya hanya ada satu perajin batik di Kampung Cibuluh. Saat ini, jumlah pengerajin kurang lebih sebanyak 40 orang.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id