comscore

Survei: Elektabilitas Ganjar Tertinggi di Lampung dan Sumut

Media Indonesia.com - 06 Juli 2022 16:22 WIB
Survei: Elektabilitas Ganjar Tertinggi di Lampung dan Sumut
Survei capres 2024 Charta Politika. (istimewa)
Jakarta: Lembaga survei Charta Politika merilis hasil survei terkait elektabilitas calon presiden (capres) 2024. Nama Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendapat angka tertinggi di Lampung dan Sumatera Utara (Sumut), meninggalkan tokoh-tokoh lain. 

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan Ganjar memperoleh angka elektabilitas 32,3 persen di Lampung. Disusul Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 
"Pada simulasi 10 nama, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto bersaing ketat sebagai pilihan pertama dan kedua teratas," kata Yunarto dalam rilis surveinya, dikutip Rabu, 6 Juli 2022.

Yunarto melanjutkan Ganjar juga mendapat dukungan hampir 24,6 persen di Sumut. Kemudian nama Anies dan Prabowo mengekor di bawah Ganjar. 

"Anies Baswedan mendapat 23,8 persen dan Prabowo Subianto 23,4 persen di Sumut," ungkap dia. 
 

Baca: Survei Elektabilitas Moncer, Ganjar: Jangan Ge-er


Sementara di Sumatra Selatan, elektabilitas Prabowo melejit dengan angka 41,9 persen. Disusul Anies di posisi kedua dan Ganjar di urutan ketiga. 

"Dalam simulasi yang diberikan, pilihan terhadap Prabowo Subianto jauh berada di atas nama-nama lainnya. Sementara pada urutan berikutnya diikuti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo," jelas dia. 

Survei dilakukan dalam kurun 2-7 Juni 2022. Pada survei ini, para responden diberi pertanyaan 'Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih sebagai Presiden'. 

Metodologi survei yang digunakan adalah metode acak bertingkat atau multistage random sampling pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei melibatkan 800 responden per provinsi melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner terstruktur.

(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id