Satgas Godok Aturan Perjalanan Selama PSBB

    Nur Azizah - 07 Januari 2021 19:03 WIB
    Satgas Godok Aturan Perjalanan Selama PSBB
    Ilustrasi PSBB/MI/Fransisco Carolio Hutama Gani
    Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 bakal menggodok aturan perjalanan orang selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Termasuk kebijakan swab antigen untuk orang yang keluar masuk Pulau Jawa dan Bali.

    "Pemerintah akan segera mengumumkan peraturan untuk pelaku perjalanan yang bersinergi dengan peraturan pembatasan yang akan dilakukan," kata Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis, 7 Januari 2021.

    Wiku meminta masyarakat mengurangi bepergian hingga dua pekan ke depan. Permintaan itu untuk mencegah meluasnya penularan virus covid-19.

    Ia juga meminta kepala daerah lebih ketat memonitor pergerakan orang. Terlebih bagi wilayah yang saling berdekatan.

    Baca: Satgas: PSBB Jawa-Bali Wajib

    Pemerintah kembali memperketat aktivitas masyarakat. Pembatasan ini merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019.

    Pengetatan ini hanya berlaku untuk sejumlah wilayah di beberapa provinsi. Kriteria wilayah yang wajib melakukan pembatasan ialah wilayah dengan kasus aktif lebih dari 14,2 persen.

    Selain itu, daerah dengan angka kematian di atas rata-rata nasional 3 persen dan tingkat kesembuhan di bawah rata-rata nasional, yaitu 82 persen. Kemudian, wilayah dengan ketersediaan tempat tidur rumah sakit di bawah 70 persen juga wajib melakukan pembatasan.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id