Lima Langkah Jokowi Akselerasi Transformasi Digital

    Syarief Oebaidillah - 27 Oktober 2020 05:30 WIB
    Lima Langkah Jokowi Akselerasi Transformasi Digital
    Presiden Joko Widodo/Medcom.id.
    Jakarta: Pemerintah berjibaku mendorong percepatan transformasi digital di tengah pandemi virus korona (covid-19). Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Ditjen SDPPI-Kemenkominfo), Ismail, menjelaskan lima langkah Presiden Joko Widodo terkait hal itu.

    Pertama, percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital dan penyediaan layanan intenet. Kedua, mempersiapkan roadmap transformasi digital di sektor-sektor strategis. 

    "Baik di sektor pemerintahan, layanan publik, bantuan sosial, pendidikan, kesehatan, perdagangan, industri, maupun penyiaran," kata Ismail dalam Focus Group Discussion (FGD) secara virtual bersama sejumlah media di Jakarta, Senin, 26 Oktober 2020.

    Baca: SDPPI Kemenkominfo Emban Dua Peran Strategis di Tengah Pandemi

    Ketiga, mempercepat integrasi Pusat Data Nasional. Keempat, mempersiapkan kebutuhan SDM talenta digital. Terakhir, berkaitan dengan regulasi, skema pendanaan dan pembiayaan, untuk disiapkan secepat-cepatnya.

    Menurut Ismail, infrastruktur adalah satu episentrum krusial atau aspek mendasar. Infrastruktur dengan koneksi atau broadband yang tinggi merupakan prasyarat bagi seluruh aktivitas di ruang konvensional untuk beralih ke digital. 

    Selain itu, Ditjen SDPPI harus menyiapkan perangkat yang memiliki standar teknis dan kualitas. Pertama, perangkat yang digunakan tidak membahayakan keamanan dan kesehatan masyarakat. 

    Kedua, kualitas perangkat harus terjaga. Hal tersebut untuk mencegah terjadi kegagalan atau kerusakan saat digunakan.

    “Tugas kami menjaga jangan sampai masyarakat membeli perangkat yang berbahaya saat perangkat itu digunakan dalam jangka waktu yang panjang,” tegasnya.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id