Jokowi Diminta Jadikan Hari HAM Sebagai Seremoni Kenegaraan

    Nur Azizah - 16 November 2020 13:48 WIB
    Jokowi Diminta Jadikan Hari HAM Sebagai Seremoni Kenegaraan
    Presiden Joko Widodo. Dokumentasi Medcom
    Jakarta: Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) meminta Presiden Joko Widodo menjadikan hari HAM Internasional sebagai seremoni Kenegaraan. Hari HAM Internasional diperingati setiap 10 Desember.

    "Meminta Bapak Presiden tidak sekedar pidato dalam hari HAM tahun ini, tetapi menjadikan itu suatu seremoni kelembagaan negara," kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 16 November 2020.

    Taufan menyebut penetapan ini bisa menjadi bukti komitmen negara dalam penegakan HAM. Dia mengeklaim Jokowi menyambut baik usulan tersebut.

    "Sehingga siapa pun nanti yang memimpin negara ini atau Komnas HAM, setiap 10 Desember menjadi komitmen kita untuk menghargai HAM karena itu pidato kenegaraan diharapkan menjadi suatu seremoni kenegaraan," ucap dia.

    Baca: KontraS Desak UU Pengadilan HAM Direvisi

    Selain membahas Hari HAM Dunia, Taufan menyinggung konflik agraria. Komnas HAM menawarkan beberapa solusi penyelesaian, salah satunya melibatkan tokoh-tokoh masyarakat.

    "Kami tawarkan beberapa penyelesaian yang lebih komprehensif dengan pendekatan melibatkan tokoh-tokoh masyarakat yang mendampingi keluarga korban, kementerian terkait seperti Kementerian Agraria dan Tata Ruang serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan," ujarnya.

    Tokoh masyarakat ini diyakini bisa menjembatani masalah antara warga dan pemerintah. "Dan Presiden menyambut baik semua usulan kami," kata Taufan

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id