PDIP Mulai Penjaringan Pilkada 2020 September Mendatang

    Arga sumantri - 06 Agustus 2019 08:00 WIB
    PDIP Mulai Penjaringan Pilkada 2020 September Mendatang
    Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bersama (kedua dari kiri) bersama dengan Ketua DPP PDIP Bambang DH (kiri) dan kader PDIP Dedy Sitorus (kedua dari kakan). MI/Irfan
    Jakarta: PDI Perjuangan mulai ancang-ancang menjaring para bakal calon yang akan diusung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Ketua DPP PDI Perjangan Bambang DH menyebut partainya akan mulai menjaring bakal calon kepala daerah September mendatang.

    "Paling lambat 23 September karena Pilkada 2020 kan jatuh pada 23 September 2020," kata Bambang di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 5 Agustus 2019. 

    Menurut Bambang, PDIP punya aturan internal partai yang mengatur waktu proses penjaringan Pilkada, paling lambat satu tahun sebelumnya. Penjaringan dimulai di tingkat kota/kabupaten. Setelah itu, baru diambil keputusan di tingkat pusat. 

    Menurut dia, PDIP ogah terburu-buru mengumumkan tokoh-tokoh yang bakal diusung di Pilkada 2020. Toh, proses di Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru dimulai Februari 2020. 

    "Kita harus tertib disiplin memulai gerakan pemenangan pilkada 2020," ucap Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDIP itu. 

    Bambang mengatakan Pilkada 2020 akan menjadi bahan pembahasan di Kongres V PDIP yang bakal digelar di Bali, 8-10 Agustus 2019. Setelah Kongres, pengurus pusat akan mendorong pengurus daerah yang menggelar Pilkada membuat struktur hingga tingkat ranting. Pembentukan struktur ini ditarget tiga bulan usai Kongres.

    "Karena apa? Kalau tiga bulan sejak kongres selesai tidak segera dilengkapi, termasuk badan dan sayap, tentu akan mengurangi potensi kemenangan," ujarnya.



    (NUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id