comscore

Jokowi: Perang Melawan Covid-19 Sangat Menguras Tenaga

Kautsar Widya Prabowo - 05 Oktober 2021 09:50 WIB
Jokowi: Perang Melawan Covid-19 Sangat Menguras Tenaga
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dok. Tangkapan Layar
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia masih dibayang-bayangi pandemi covid-19. Jokowi mengibaratkan penanganan covid-19 seperti perang yang berlarut-larut.

"Perang yang sangat menguras tenaga, menguras pikiran, mental, dan semangat juang," ujar Jokowi di hadapan sejumlah prajurit dalam acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 TNI di halaman Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 5 Oktober 2021.
Jokowi menilai berperang melawan covid-19 juga membutuhkan kewaspadaan, kecepatan, sinergi, serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan tekonologi. Menurut dia, pandemi covid-19 di Indonesia sudah terkendali tidak terlepas dari peran TNI.

"TNI selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan, kemampuan perorangan, kemampuan satuan, pemanfaatan ilmu pengetahuan, dan teknologi, termasuk alutsista telah digunakan dan digerakkan dalam menunaikan setiap tugas yang diberikan," jelas dia.

Baca: Ketua DPR: TNI Perlu Penguatan di Bidang Teknologi

Kasus konfirmasi covid-19 di Indonesia turun drastis ketimbang saat puncak gelombang kedua pada Juli 2021. Namun, masyarakat diminta tidak bereuforia berlebih dan tetap disiplin protokol kesehatan (prokes).

“(Kasus covid-19) nasional turun 98 persen dan kasus konfirmasi Jawa dan Bali juga menunjukkan penurunan hingga 98,7 persen dari puncaknya pada 15 Juli lalu,” kata Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Pulau Jawa dan Bali, Luhut Binsar Pandjaitan, dalam telekonferensi, Senin, 4 Oktober 2021.

Pada 15 Juli 2021, kasus harian covid-19 mencapai 56.757. Angka ini merosot jauh pada 3 Oktober 2021 menjadi 1.142 per hari.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id