comscore

Jokowi Berharap Kemitraan ASEAN-AS Memperkokoh Kerja Sama Bidang Kesehatan

Fachri Audhia Hafiez - 27 Oktober 2021 13:01 WIB
Jokowi Berharap Kemitraan ASEAN-AS Memperkokoh Kerja Sama Bidang Kesehatan
Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap hubungan antara ASEAN dan Amerika Serikat (AS) makin erat. Kepala Negara menilai kerja sama ASEAN-AS menjadi pilar penting dalam kerja sama di bidang kesehatan seperti vaksinasi.

"Saya ingin menyampaikan apresiasi atas dukungan vaksin AS kepada negara-negara ASEAN yang jumlahnya lebih dari 30 juta. Upaya mencapai kesetaraan akses vaksin bagi semua negara akan menjadi kunci kecepatan dunia keluar dari pandemi," kata dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-9 ASEAN-AS dikutip dari laman presidenri.go.id, Rabu, 27 Oktober 2021.
Pandemi, kata Jokowi, telah menyadarkan pentingnya investasi di bidang kesehatan. Pembangunan ketahanan kesehatan nasional akan menjadi modal dasar untuk mencapai ketahanan kesehatan secara global.

"Rantai pasok produksi obat-obatan, vaksin, alat-alat kesehatan harus diversifikasi, termasuk ke kawasan Asia Tenggara," ucap Jokowi.

Selain itu, Jokowi mendorong kemitraan ASEAN-AS menjadi pilar penting pemulihan ekonomi pascapandemi covid-19. Presiden menilai isu rantai pasok yang tidak terdiversifikasi dengan baik telah memperparah disrupsi pada saat dunia menghadapi krisis.

"Integrasi ekonomi jelas menjadi kekuatan bagi ASEAN untuk menjadi bagian rantai pasok dunia," ucap Jokowi.

Baca: Presiden Sampaikan Harapan ASEAN kepada AS

Kemitraan di bidang ekonomi hijau dan berkelanjutan juga dinilai penting serta harus menjadi prioritas dalam kemitraan ASEAN-AS. Termasuk di bidang transformasi teknologi dan energi.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga berharap hubungan ASEAN-AS dapat memperkuat stabilitas di kawasan. ASEAN dinilai berperan dalam upaya perdamaian yang bakal menopang stabilitas di kawasan.

"Kita ingin terus melihat kawasan kita menjadi kawasan damai dan stabil. Saya yakin, tidak akan ada perdamaian dan stabilitas di Asia tanpa peran dari ASEAN," ujar Jokowi.Presiden Sampaikan Harapan ASEAN kepada AS

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id