ASN Diminta Meningkatkan Produktivitas

    Nur Azizah - 23 Juni 2020 10:20 WIB
    ASN Diminta Meningkatkan Produktivitas
    Ilustrasi ASN. Medcom.id/Farhan D
    Jakarta: Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo meminta seluruh aparatur sipil negara (ASN) meningkatkan produktivitas selama pandemi covid-19. Sebagai pelayan publik, ASN harus tetap bekerja meski sistemnya berbeda.

    “Jangan sampai pandemi covid-19 menurunkan produktivitas kerja kita semua,” ujar Tjahjo dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa, 23 Juni 2020.

    Tjahjo mengajak seluruh instansi pemerintah mulai melakukan pengaturan kerja secara fleksibel atau flexible working arrangement (FWA). Mereka harus mengatur siapa saja yang bisa bekerja di rumah dan mana yang harus di kantor.

    “Instansi pemerintah harus mulai mengatur pembagian pegawai yang bekerja di kantor atau bekerja di rumah,” tuturnya.

    Baca: Menpan RB Godok Pengurangan ASN Tak Produktif

    Dalam kenormalan baru (new normal), ada beberapa yang perlu diperhatikan untuk mereka yang bekerja di kantor. Pertama, mengatur tata ruang kantor agar tetap menjaga jarak.

    Pengaturan standar-standar fasilitas yang harus dipenuhi untuk setiap perkantoran, seperti penyediaan tempat hand sanitizer, wastafel cuci tangan, ruang kerja yang berjarak cukup antara satu pegawai dan pegawai lainnya.

    Penyesuaian sistem kerja ASN ternyata memerlukan dukungan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi. Pemberian pelayanan kepada masyarakat perlu menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) dengan memanfaatkan aplikasi layanan elektronik.

    “Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, yang meningkat akibat pandemi covid-19, memaksa kita untuk mau tidak mau menyesuaikan dengan kondisi di mana kultur/budaya digital mulai merambah,” ujarnya.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id