Penanganan Teroris oleh TNI Dianggap Tak Melanggar HAM

    Anggi Tondi Martaon - 21 Mei 2020 22:05 WIB
    Penanganan Teroris oleh TNI Dianggap Tak Melanggar HAM
    Ilustrasi pasukan antiteror/Medcom.id
    Jakarta: Banyak pihak menilai pelibatan TNI dalam penanganan teroris berpotensi melanggar hak azasi manusia (HAM). Tudingan tersebut dianggap tak berdasar.

    "Justru TNI benar-benar menegakkan HAM. Teroris bersenjata menyerang disikat, kalau tidak perlu ya cukup diamankan," kata Ketua Bidang Pertahanan dan Keamanan Partai NasDem Mayor Jenderal TNI (Purn) Supiadin Aries Saputra di Jakarta, Kamis, 21 Mei 2020.

    Mayor Jenderal TNI (Purn) itu mencontohkan pengawalan pemulihan konflik di Aceh. Angkatan bersenjata itu disebut tidak pernah kasar selama bertugas.

    "Sejahat-jahatnya GAM (Gerakan Aceh Merdeka), pemberontak itu luluhnya dengan pendekatan hati, sampai sekarang pendekatan kami lakukan terbukti berhasil tidak ada lagi suara minta merdeka lagi, bahkan ada yang teriak merdeka dimarahi sesama pentolan GAM sendiri," ungkap dia.

    Baca: Perpres Pelibatan TNI Tangani Teroris Didorong Segera Disahkan

    Supiadin menegaskan pelibatan TNI menangani terorisme diatur dalam Undang Undang (UU) Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. Pada Pasal 7 ayat 2A dijelaskan perbantuan TNI menangani teroris masuk dalam kategori tugas di luar perang.

    "Tepatnya (pasal) 2A tugas TNI mengatasi separatisme, kedua mengatasi pemberontakan bersenjata, nah yang ketiga mengatasi aksi terorisme. Sampai ada juga poin membantu penanggulangan bencana dan membantu Kamtibmas," sebut dia.

    Mantan Anggota Komisi I itu mendukung pelibatan TNI menanggulangi teroris. Selain diatur dalam UU, pelibatan angkatan bersenjata itu memberikan efek gentar bagi kelompok teroris.

    "Saya masih komunikasi dengan mantan teroris. Kata mereka, wah kami tambah ngeri kalau TNI dilibatkan. Mereka salut, setuju," ujar dia.



    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id