comscore

Pansus DPR Menyepakati Pembahasan RUU IKN Dilanjutkan Tim Perumus

Antara - 16 Desember 2021 02:09 WIB
Pansus DPR Menyepakati Pembahasan RUU IKN Dilanjutkan Tim Perumus
Ilustrasi DPR. Medcom.id
Jakarta: Panitia Khusus (Pansus) Komisi II DPR menyepakati Rancangan Undang-Undang (RUU) Ibu Kota Negara (IKN) dilanjutkan tim perumus (timus). Namun, pembahasan bisa dikembalikan ke panja bila belum selesai.

"Disepakati dibawa ke timus, dengan catatan kalau belum selesai pembahasan di timus untuk hal-hal yang substansi akan dibawa kembali ke panja," kata Wakil Ketua Pansus RUU IKN Saan Mustopa dalam Rapat Panitia Kerja (Panja) RUU IKN di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu malam, 15 Desember 2021.

 



Sebanyak tujuh fraksi dan perwakilan DPD setuju pembahasan di tim perumus. Sementara itu, dua fraksi, yakni Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tidak menyetujui pembahasan di tim perumus. Kedua fraksi ingin pembahasan tetap di panitia kerja.

Sesuai ketentuan Pasal 158 ayat (4), jumlah tim panitia perumus maksimal dua pertiga dari anggota panitia kerja. Ketua Panja Ahmad Doli Kurnia menyarankan jumlah anggota tim perumus 11 orang.

Rinciannya, sembilan orang perwakilan fraksi dan dua dari unsur pimpinan panja, yakni Junimart Girsang dari Fraksi PDI Perjuangan dan Saan Mustopa dari Fraksi NasDem. Saran itu disetujui semua anggota Pansus RUU IKN.

Panja RUU IKN masih membahas 34 daftar inventaris masalah (DIM) dari target 277 DIM yang menjadi usulan pemerintah hingga Rabu malam. Rincian DIM itu, yakni 35 DIM tetap, 224 substansial, dan 18 DIM bersifat redaksional.

Baca: Pansus Targetkan Pengesahan RUU IKN Awal Tahun 2022
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id