comscore

Batik Cibuluh, UMKM yang Berhasil Angkat Kearifan Lokal

Kautsar Widya Prabowo - 08 Juni 2022 19:53 WIB
Batik Cibuluh, UMKM yang Berhasil Angkat Kearifan Lokal
Wakil Presiden Maruf Amin. Dok Setwapres.
Bogor: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyebut Kampung Batik Cibuluh, Bogor, menjadi salah satu contoh usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berhasil memanfaatkan kerarifan lokal. Beragam motif batik yang dibuat sebagian besar mengenai Kota Bogor.

"Memberikan penghargaan apresiasi juga kepada para perajin yang bisa mengembangkan batik Cibuluh ini dan juga menggunakan dan memanfaatkan kearifan lokal dan ciri khasnya," ujar Ma'ruf Amin saat mengunjungi Kampung Batik Cibuluh, Bogor Utara, Kota Bogor, Rabu, 8 Juni 2022.
Ma'ruf menyebut proses pembuatan batik Cibuluh menggunakan bahan dan peralatan yang ramah lingkungan. Kampung batik itu merupakan salah satu kampung hasil binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) Badan Amil dan Zakat Nasional (BAZANAS).

"BAZNAS punya kepedulian yang langsung membina para pengerajin batik di Cibuluh. Saya harap terus didorong supaya memperluas cakupan pendampingan dan bantuannya," kata dia.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Ma'ruf menyempatkan berbincang-bincang dengan perajin batik dan melihat motif batik khas Cibuluh. Seperti motif kujang, hujan gerimis, bunga bangkai, tertai, dan lain-lain.

"Terus semangat ya Ibu-ibu. Cari (motif) yang indah lagi," kata Ma'ruf.

Baca: Ma'ruf Ingin Kampung Batik Cibuluh Menjadi Destinasi Wisata Baru di Bogor

Ma'ruf meyakini batik Cibuluh mampu menembus pasar mancanegara dengan kreasi dan inovasi yang terus dikembangkan."Saya harap nanti produk-produk dari Kampung Cibuluh ini bisa di ekspor ke luar negeri," kata dia.

Kampung Batik Cibuluh merupakan salah satu kampung binaan LPEM BAZNAS sejak 2019. Bantuan dana wirausaha yang telah digelontorkan sebesar Rp300 juta.

Selain itu, dulunya hanya ada satu perajin batik di Kampung Cibuluh. Saat ini, jumlah perajin kurang lebih 40 orang.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id