comscore

Bangga Produk Lokal Upaya Bangun Kemandirian Bangsa

Siti Yona Hukmana - 24 Mei 2022 18:00 WIB
Bangga Produk Lokal Upaya Bangun Kemandirian Bangsa
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie). Dok Medcom.id
Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) meminta warga Indonesia konsisten mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Menurut dia, meningkatkan kecintaan terhadap produk dalam negeri bagian dari upaya membangun kemandirian bangsa.

"Gerakan nasional bangga buatan Indonesia ini harus terus digaungkan dan menjadi fokus perhatian kita agar dorongan peningkatan kinerja perekonomian nasional terus terjadi," kata Lestari dalam keterangan tertulis, Selasa, 24 Mei 2022. 
Rerie menyebut sejak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) diluncurkan pada Kamis, 14 Mei 2020, tercatat 17,2 juta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) masuk marketplace dan memasarkan produknya secara daring pada 2021. Jumlah itu 57 persen dari 30 juta UMKM yang ditargetkan memanfaatkan marketplace pada 2023.

Menurut dia, target menghubungkan sektor UMKM dengan marketplace itu agar bisa memasarkan produknya secara daring. Hal itu, kata dia, langkah strategis dari sisi pembukaan seluas-luasnya pasar bagi produk-produk UMKM lokal.

Baca: Lestari Moerdijat: Keselamatan Transportasi Harus Menjadi Perhatian Bersama

Namun, Rerie, menyebut jauh lebih penting mendorong peningkatan kecintaan terhadap produk lokal ketimbang menghubungkan sektor UMKM. Hal ini agar jumlah transaksi produk-produk dalam negeri di marketplace konsisten meningkat. 

Rerie ingin para pelaku UMKM konsisten mendapat penguatan untuk peningkatan kualitas produk. Agar terus mampu bersaing di pasaran. 

Sementara itu, masyarakat sebagai konsumen, kata dia, harus konsisten mendapatkan edukasi pentingnya menggunakan produk-produk lokal dalam aktivitas keseharian. Secara nasional, Gerakan Bangga Buatan Indonesia disebut langkah strategis dalam upaya mewujudkan kemandirian bangsa. 

"Di tengah banyaknya perubahan di sektor politik dan ekonomi yang terjadi di tingkat global, membangun kemandirian bangsa harus menjadi salah satu langkah yang dikedepankan dalam pembangunan negeri ini," ucap anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id