Mentan Sebut Tiongkok Pesan 3 Juta Ton Beras ke Indonesia

    Candra Yuri Nuralam - 12 November 2021 16:04 WIB
    Mentan Sebut Tiongkok Pesan 3 Juta Ton Beras ke Indonesia
    Ilustrasi beras. Medcom.id/Desi Angriani



    Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyebut ada permintaan ekspor beras yang tinggi dari Tiongkok. Permintaan kini tengah disiapkan.

    "Tiongkok yang penghasil pertanian luar biasa sekarang minta impor beras dari Indonesia tiga juta ton," kata Syahrul dalam telekonferensi di Jakarta, Jumat, 12 November 2021.

     



    Syahrul mengatakan permintaan dikarenakan Tiongkok takut dengan perubahan cuaca ekstrem belakangan ini. Tiongkok tak mau masalah cuaca membuat masyarakat kekurangan beras.

    "Kenapa? Dia takut dengan perubahan iklim, dia (Tiongkok) mau menyetok itu beras sampai satu tahun, dua tahun ke depan, itu ketakutannya," ujar Syahrul.

    Syahrul menjamin stok beras Indonesia aman, meski ada pesanan besar. Permintaan bisa ditangani karena stok beras di Indonesia sedang melimpah.

    Namun, Syahrul meminta kepala daerah tidak sombong saat stok beras di Indonesia sedang bagus. Kepala daerah diminta tetap menjaga pangan di saat kondisi cuaca tengah tidak baik.

    "Jadi, kalau masih ada pejabat masih santai-santai sekarang melihat pertanian ini orang sebenarnya dia enggak perhatikan dia rakyat bisa makan apa," tutur Syahrul.

    Kepala daerah juga diminta menyiapkan mitigasi bencana. Dia tidak mau pangan menjadi rusak karena cuaca buruk, apalagi saat kepala daerah kurang persiapan.

    "Mari kita susun ini konsesi-konsensi, siapkan brigade La Nina mu. Tentu kalau banjir, irigasi harus diperbaiki kan?" ujar Syahrul.

    Dia juga meminta kepala daerah sigap dalam persiapan menghadapi bencana. Kepala daerah diminta segera memutar otak saat ada pertahanan bencana yang rusak.

    "Rehabilitasi jangan tunggu APBN, harus ada langkah yang kita lakukan," ucap Syahrul.

    Baca: Konsisten! Harga Beras Indonesia Lebih Mahal dari Dunia

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id