RS Darurat Korona Wisma Atlet Libatkan Lima Poltekkes

    Fachri Audhia Hafiez - 23 Maret 2020 10:22 WIB
    RS Darurat Korona Wisma Atlet Libatkan Lima Poltekkes
    Fasilitas kesehatan di RS Darurat Korona Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, mulai dilengkapi. Dok. Istimewa
    Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merekrut tenaga kesehatan dari lima Politeknik Kesehatan (Poltekkes). Mereka yang kini tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 membantu menangani pasien di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

    "Untuk menghadapi pandemi Covid-19 di Indonesia khususnya di Jakarta," kata Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kemenkeas Busroni kepada Medcom.id, Senin, 23 Maret 2020.

    Sebanyak 436 tenaga kesehatan direkrut. Mereka berasal dari Poltekkes Jakarta I, Poltekkes Jakarta II, Poltekkes Jakarta III, Poltekkes Banten, dan Poltekkes Bandung.

    Busroni memerinci, Poltekkes Jakarta I berjumlah 19 orang dengan 17 tenaga keperawatan, 1 tenaga keperawatan gigi dan 1 orang tenaga kebidanan. Poltekkes Jakarta II sebanyak 173 orang. Rinciannya, tenaga gizi 41 orang, tenaga sanitarian 57 orang, tenaga farmasi  28 orang dan tenaga radiografer 47 orang.

    Baca: Jokowi Cek Kesiapan RS Darurat Korona Wisma Atlet

    Sebanyak 69 tenaga kesehatan Poltekkes Jakarta III terdiri dari 51 tenaga keperawatan, 10 tenaga teknik laboratorium medis, dan 8 orang tenaga kebidanan. Poltekkes Banten sebanyak 70 orang dengan 49 tenaga keperawatan, 18 tenaga teknik laboratorium medis dan 3 tenaga Kebidanan.

    Kemudian Poltekkes Bandung berjumlah 105 orang yang terdiri dari tenaga keperawatan 45 orang, tenaga gizi  26 orang, tenaga teknik laboratorium medis 21 orang, tenaga sanitarian 6 orang dan tenaga Farmasi 7 orang.

    RS Darurat Korona Wisma Atlet Libatkan Lima Poltekkes
    Wisma Atlet Kemayoran, Jakpus, dibersihkan jelang menjadi tempat penampungan pasien korona, Kamis, 19 Maret 2020. Medcom.id/Christian

    Sudah dibekali

    Para tenaga kesehatan yang direkrut telah menjalani pembekalan Satgas Covid-19 yang dilaksanakan di The Media Hotel and Towers, Jalan Gunung Sahari, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Mereka mendapat pembekalan dari Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Sekretaris Jenderal Kemenkes Oscar Primadi, serta beberapa pimpinan tinggi BPPSDM Kemenkes.

    Rencananya rekrutmen tenaga kesehatan ini tak hanya dari Poltekkes Kemenkes. "Juga akan direkrut dari relawan organisasi profesi kesehatan dan juga tenaga nusantara sehat individu serta Tenaga Kesehatan TNI," ujar Busroni.



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id