Populer Nasional: Pedagang Pasar Taat Prokes Hingga Industri Pertahanan 'Bayangan'

    Achmad Zulfikar Fazli - 10 Mei 2021 07:37 WIB
    Populer Nasional: Pedagang Pasar Taat Prokes Hingga Industri Pertahanan 'Bayangan'
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto



    Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan protokol kesehatan (prokes) berjalan baik di pasar tradisional. Sebagian besar pedagang dan pembeli mematuhi prokes.

    "Kami lihat masker juga tertib digunakan dan alhamdulillah bisa dikatakan sebagian besar menggunakan masker," ujar Anies dalam keterangan tertulis, Sabtu, 8 Mei 2021.
     
    Kondisi itu terpantau di tiga pasar yang dinilai cukup ramai. Yakni, Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta Pusat; serta Pasar Tomang Barat dan Pasar Cengkareng Jaya, Jakarta Barat.

     



    Baca: Anies Sebut Mayoritas Pedagang di Pasar Tradisional Pakai Masker

    Artikel soal prokes di pasar tradisional paling banyak dibaca di kanal Nasional Medcom.id sepanjang Sabtu, 8 Mei 2021. Pembaca kanal Nasional Medcom.id juga menyoroti soal pengepungan yang dilakukan penagih utang (debt collector) terhadap mobil yang dikemudikan anggota TNI Serda Nurhadi.

    Mobil tersebut diadang debt colletor saat tengah digunakan untuk membawa orang sakit di kawasan Jakarta Utara. Pelaku tengah diburu.

    "Ya, anggota kami sedang bekerja di lapangan. Nanti kalau sudah beres semua kita rilis ya," kata Kapolres Jakarta Utara Kombes Guruh Arif Darmawan melalui keterangan tertulis, Minggu, 9 Mei 2021.

    Artikel lainnya yang banyak dicari pembaca kanal Nasional Medcom.id ialah soal sengkarut pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista). Industri pertahanan 'banyangan' disebut ikut memperburuk pengadaa alutsista.

    "Itu industri pertahanan yang semu, yang mengaku industri pertahanan," ujar pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie dalam program Crosscheck #FromHome by Medcom.id bertajuk 'Terungkap! Selain Mister M, Ada Industri Pertahanan Bayangan', Minggu, 9 Mei 2021.
     
    Connie mengibaratkan pengadaan alutsista di Indonesia seperti menemui segitiga bermuda yang mematikan. Banyak 'permainan' dalam pemenuhan sistem pertahanan negara.

    Ada pula intelligence specs. Kelompok ini mencari-cari spesifikasi yang diperlukan dalam pengadaan alutsista.

    Dalam aksinya, kata Connie, kelompok itu berhubungan dengan mafia yang dia sebut sebagai 'Mr M'. Modus mereka, yakni menyediakan alutsista yang tidak sesuai perencanaan.

    Baca: Sengkarut Alutsista Ikut Disusupi Industri Pertahanan 'Bayangan'

    Artikel soal penerapan prokes di pasar tradisional dan sengkarut alutsista akan terus diperbarui. Klik di sini untuk mengetahui perkembangan informasinya.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id