comscore

Pencoblosan Pilpres 2024 Diusulkan Januari, Bukan April

Anggi Tondi Martaon - 05 Maret 2021 18:30 WIB
Pencoblosan Pilpres 2024 Diusulkan Januari, Bukan April
Ilustrasi Medcom.id.
Jakarta: Jadwal pencoblosan Pemilu 2024 disesuaikan. Pemungutan suara diusulkan dilakukan awal tahun, bukan pada April 2024.

"Saya sendiri, mengusulkan agar pencoblosan Pilpres (pemilihan presiden), Pileg (pemilihan legislatif) 2024 dilaksanakan Januari 2024," kata Wakil Ketua Komisi II DPR Luqman Hakim dalam keterangan tertulis, Jumat, 5 Maret 2021.
Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyebut salah satu alasan pencoblosan dimajukan karena Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Kontestasi kepala daerah itu dilaksanakan pada akhir tahun.

"Maka perlu dilakukan penyesuaian waktu coblosan pemilu," kata dia.

Dia menyebut pemajuan tersebut setidaknya ada jeda bagi masyarakat, penyelenggara, dan partai politik (parpol). Sehingga, penyelenggaraan pilkada bisa dilakukan dengan baik.

Baca: Fraksi NasDem Dorong UU Pemilu dan Pilkada Disatukan

Tahapan pemilu juga diminta dimajukan. Jika Pencoblosan dilakukan pada Januari 2024, maka tahapan dimulai paling lambat Mei 2022.

Setidaknya ada beberapa tahapan yang harus disiapkan sejak 2022, yakni penyusunan rencana program dan anggaran; penyusunan peraturan KPU; sosialisasi; pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu.

Selanjutnya, penetapan partai peserta pemilu; penyelesaian sengketa penetapan partai peserta pemilu; penetapan daerah pemilihan, pencalonan calon legislatif, DPD dan capres-cawapres; pemutakhiran data pemilih; kampanye; pemungutan suara; dan lainnya sampai penetapan hasil pemilu.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id