Luhut Klaim Penanganan Deforestasi Indonesia Dipuji Dunia

    Cindy - 05 Maret 2021 04:38 WIB
    Luhut Klaim Penanganan Deforestasi Indonesia Dipuji Dunia
    Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Medcom.id/Annisa Ayu Putranti



    Jakarta: Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengeklaim penanganan penebangan hutan atau deforestasi di Indonesia dipuji dunia. Indonesia dianggap berhasil mengatasi deforestasi.

    "Kita adalah negara yang paling sukses mengurangi deforestasi, kemarin angkanya sudah diumumkan, itu saya kira karya besar," kata Luhut dalam rapat koordinasi nasional penanggulangan bencana 2021 secara daring, Kamis, 4 Maret 2021.






    Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat Indonesia berhasil menurunkan laju deforestasi sebesar 75,03 persen atau 115,46 ribu hektare selama satu tahun pada periode 2019-2020. Angka tersebut menurun drastis dari deforestasi 2018-2019 yang mencapai 462,46 ribu hektare.

    (Baca: Banjir di Kalsel Bukan Akibat Penebangan Hutan Sembarangan)

    Luhut mengatakan data tersebut membuktikan klaim lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang menyebut pemerintah Indonesia memotong kayu secara masif di Papua tidak terbukti. Sebab, deforestasi di Indonesia berkembang pesat sejak pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)

    "Data yang ditunjukkan kemarin, Indonesia paling leading dalam penanganan deforestasi. Oleh sebab itu, Presiden (Jokowi) perintahkan penanaman mangrove," beber dia.

    Jokowi menginstruksikan jajarannya merestorasi hutan atau menanam mangrove sebesar 620 ribu hektare hingga 2024. Vegetasi mangrove terbukti mereduksi kekuatan tsunami hingga 50 persen dengan ketebalan hutan 150-200 meter.  

    "Kita 640 ribu hektare mau restorasi dalam empat tahun ke depan, tahun ini 150 ribu hektare. Tidak ada negara di dunia yang melakukan itu," beber Luhut.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id