Dubes Belanda Puji Cara Ombudsman Selesaikan Masalah

    Theofilus Ifan Sucipto - 27 November 2019 11:01 WIB
    Dubes Belanda Puji Cara Ombudsman Selesaikan Masalah
    Duta Besar Belanda untuk Indonesia Lambert Grijns. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
    Jakarta: Duta Besar Belanda untuk Indonesia Lambert Grijns mengapresiasi pendekatan progresif dan partisipatif (propartif) Ombudsman Indonesia. Cara Ombudsman menyelesaikan masalah dinilai membumi.

    "Ombudsman Indonesia dengan propartifnya berperan meredakan konflik secara inklusif dan efektif," kata Lambert di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Rabu, 27 November 2019.

    Ombudsman Indonesia dan Ombudsman Belanda bekerja sama dalam pengembangan sistem propartif. Sistem itu merupakan adaptasi fair treatment approach (FTA) yang digunakan Ombudsman Belanda.

    "(Propartif) menjadi contoh sempurna Ombudsman Indonesia membantu menyelesaikan masalah masyarakat," ujar Lambert.

    Ombudsman Belanda juga telah mengunjungi sejumlah kantor perwakilan Ombudsman Indonesia. Lambert menyebut Ombudsman Belanda terkesan dengan penerapan sistem propartif itu.

    "Terima kasih untuk kerja sama dan kolaborasi yang sempurna," ucap Lambert.

    Ombudsman menggelar Penganugerahan Predikat Kepatuhan 2019. Penghargaan itu diberikan pada kementerian yang memiliki layanan publik terbaik. Ombudsman mengundang semua instansi yang memiliki delik pengaduan agar mampu meniru dan menerapkan layanan publik yang baik.

    "Jadi untuk bagaimana para instansi penerima layanan publik ketika menerima keluhan dari masyarakat tidak dengan formalistik, tidak dengan kaku tidak dengan gaya pejabat," kata Anggota Ombusdman Adrianus Melialia di lokasi.

    Ombudsman sekaligus menggelar seminar yang memperkenalkan metode progresif dan partisipatif atau pendekatan perlakuan yang adil (fair treatment approach) terkait pengaduan masyarakat dalam pelayanan publik.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id