KNKT Berkapasitas Investigasi Kecelakaan Lintas Sektor

    Whisnu Mardiansyah - 27 November 2019 13:24 WIB
    KNKT Berkapasitas Investigasi Kecelakaan Lintas Sektor
    Ilustrasi kecelakaan pesawat terbang. Medcom.id/Rakhmat Riyandi.
    Jakarta: Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mantap bertransformasi menjadi badan keselamatan nasional. KNKT percaya diri bisa menginvestigasi kecelakaan lintas sektor.

    "Terkait dengan lembaga independen yang memang diwacanakan menjadi badan keselamatan nasional di mana KNKT tidak hanya menangani transportasi tetapi juga menangani keselamatan konstruksi," kata Humas KNKT Indrianto kepada Medcom.id di Jakarta, Rabu, 27 November 2019.

    Indrianto menyebut KNKT pernah terlibat dalam investigasi kecelakaan pembangunan konstruksi. Salah satunya, kecelakaan pengoperasian crane di pembangunan Lintas Rel Terpadu (LRT) di Palembang.

    "KNKT pernah menginvestigasi kecelakaan crane pada tanggal 1 Agustus 2017 proyek Zona 4 LRT di Palembang," jelas Indrianto.

    Pengalaman menginvestigasi kecelakaan proyek infrastruktur itu menjadi dasar keinginan KNKT berdiri sendiri. Indrianto menyebut badan keselamatan nasional lumrah dimiliki negara maju untuk menekan angka kecelakaan di berbagai sektor.

    "KNKT ingin melakukan perubahan dari semula hanya menangani keselamatan transportasi menjadi badan keselamatan nasional. Itu dari dasar pemikirannya," tutup Indrianto.

    Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono ingin lembaganya berubah menjadi badan keselamatan nasional. Pernyataan itu disampaikan Soerjanto dalam rapat bersama Komisi V DPR, Senayan, Senin, 25 November 2019.

    Selama menginvestigasi kecelakaan, KNKT tak pernah menyalahkan, tak pernah mengadili, dan tak pernah berpihak. KNKT fokus membongkar penyebab kecelakaan. Soerjanto yakin prinsip ini dibutuhkan mencari tahu penyebab kecelakaan di sektor konstruksi dan industri.

    Konsep badan keselamatan nasional ini sudah diterapkan beberapa negara. Ia mencontohkan Dutch Safety Board di Belanda. Badan Keamanan Belanda itu menginvestigasi kecelakaan di tiga sektor tersebut. 

    "Ini yang kami usulkan, KNKT kalau bisa jadi badan keselamatan nasional. Semoga dapat didalami," jelas dia.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id