Demokrat Dukung Jokowi Tolak Penambahan Masa Jabatan

    Nur Azizah - 03 Desember 2019 11:38 WIB
    Demokrat Dukung Jokowi Tolak Penambahan Masa Jabatan
    Ilustrasi- Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. MI/Saskia Anindya.
    Jakarta: Presiden Joko Widodo menolak wacana penambahan masa jabatan presiden hingga tiga periode. Sikap Presiden Jokowi itu didukung Partai Demokrat.

    "Saya rasa sudah sikap benar beliau, dengan beliau menolak itu sikap yang benar," kata politikus Partai Demokrat Didi Irawadi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 3 Desember 2019.

    Didi berharap tak ada pihak yang mencari muka kepada Jokowi. Usulan penambahan masa jabatan itu bisa menjatuhkan citra Jokowi sebagai kepala negara.

    "Tidak perlu ada pihak-pihak yang ingin mengambil hati bahkan ingin menjilat presiden lalu mengusulkan yang tidak-tidak. Ini malah bertentangan dengan semangat reformasi, keinginan rakyat, sangat tidak dibenarkan di negara demokrasi," jelas dia.

    Anggota Komisi XI DPR ini menyebut isu perpanjangan masa jabatan presiden sangat liar. Ia meminta seluruh pihak mematuhi undang-undang.

    "Pokoknya bagi Demokrat, kekuasaan presiden dua kali masa jabatan, 2 kali 5 tahun sebagaimana amanah UU dan itu akan kita jaga pertahankan," ucap dia.

    Presiden Joko Widodo menilai wacana penambahan masa jabatan presiden menjadi tiga periode memiliki tiga makna. Jokowi menduga wacana itu diangkat untuk mencoreng mukanya.
     
    "Ada yang ngomong presiden dipilih MPR, (penambahan masa jabatan presiden) tiga periode. Itu, satu ingin menampar muka saya, kedua ingin cari muka, ketiga ingin menjerumuskan. Itu aja," kata Jokowi saat berdialog dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 2 Desember 2019.
     
    Wacana penambahan masa jabatan presiden muncul setelah ada rencana mengamendemen UUD 1945. Awalnya, amendemen UUD 1945 sebatas membahas Garis Besar Haluan Negara (GBHN).





    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id