comscore

Kominfo Hadirkan Konektivitas Berkualitas untuk Kebut Perkembangan Ekonomi Nasional

Candra Yuri Nuralam - 31 Desember 2021 13:51 WIB
Kominfo Hadirkan Konektivitas Berkualitas untuk Kebut Perkembangan Ekonomi Nasional
ilustrasi/medcom.id
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengebut pembangunan infrastruktur digital di Indonesia. Langkah ini diambil untuk membangun konektivitas jaringan yang berkualitas untuk masyarakat Indonesia agar perkembangan ekonomi digital lancar.

"Dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional per kuartal yang cenderung fluktuatif, sektor Infokom secara konsisten tumbuh positif dan masih berada di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional maupun global," kata Juru Bicara Kominfo Dedy Permadi melalui keterangan tertulis, Jumat, 31 Desember 2021.
Dedy mengatakan pandemi covid-19 membuat penggunaan dunia maya di Indonesia meningkat. Transaksi digital di Indonesia pun meroket dan turut andil mendorong ekonomi nasional.

Peluang itu harus dimanfaatkan dengan menjamin koneksi internet yang lancar. Kominfo tidak mau pengembangan ekonomi nasional dari sektor digital tidak maksimal hanya karena masalah koneksi.

Baca: Menkominfo Maksimalkan Digitalisasi Pelayanan Publik

Pembangunan infrastruktur digital dimaksimalkan Kominfo untuk menjamin koneksi lancar. Pembangunan infrastruktur digital ini juga dipastikan menyasar wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal di Indonesia.

"Kementerian Kominfo telah melakukan penggelaran jaringan kabel serat optik Palapa Ring, baik Palapa Ring Barat, Palapa Ring Tengah, maupun Palapa Ring Timur," ujar Dedy.

Dedy mengatakan tahun ini Kominfo telah manfaatkan satelit Palapa dengan maksimal untuk meningkatkan kualitas jaringan di Indonesia. Beberapa evaluasi dalam penggunaan satelit Palapa juga telah dilakukan agar tidak ada kendala berkelanjutan.

"Untuk meningkatkan utilisasi Palapa Ring, masih dibutuhkan penggelaran fiber optic untuk menghubungkan titik fiber optik yang belum terhubung baik di darat maupun di laut," tutur Dedy.

Kominfo juga terus mengebut pengerjaan Satelit Satria Satu. Satelit multifungsi itu menjadi harapan untuk memaksimalkan jaringan di Indonesia setelah beroperasi.

"Pada tahun 2021 telah dimulai rangkaian proses konstruksi Satelit multifungsi Satria Satu dengan kapasitas 150 Gbps, termasuk pembangunan komponen satelit dan roket di Prancis dan Amerika Serikat, serta 11 stasiun bumi di Indonesia," ucap Dedy.

Perbaikan jaringan di sektor lain juga bakal dilakukan dalam waktu dekat. Kominfo berjanji bakal memberikan konektivitas jaringan terbaik agar perkembangan ekonomi digital bisa maksimal.

"Kementerian Kominfo telah menyelesaikan pembangunan Pusat Monitoring Telekomunikasi (PMT) yang akan mengukur Quality of Service (QoS) dan Quality of Experience (QoE)," tutur Dedy.

(NUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id