comscore

Usai Libur Lebaran, Kasus Aktif Covid-19 Terus Merosot

Kautsar Widya Prabowo - 20 Mei 2022 16:58 WIB
Usai Libur Lebaran, Kasus Aktif Covid-19 Terus Merosot
Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Reisa Brotoasmoro. Medcom.id
Jakarta: Pemerintah menyebut pengendalian covid-19 setelah libur Lebaran 2022 terus mengalami perbaikan. Kasus Aktif tercatat menurun sejak 1 Mei-19 Mei 2022.

"Kasus aktif atau orang yang sedang sakit atau terinfeksi covid-19 justru makin sedikit, yakni terus menurun dari 7.474 (1 Mei) hingga per kemarin 3.766 (19 Mei)," ujar juru bicara Pemerintah Reisa Broto Asmoro, dalam konferensi pers secara virtual, di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 20 Mei 2022.
Reisa menjelaskan penurunan kasus aktif itu menunjukkan jumlah pasien covid-19 yang sembuh lebih banyak ketimbang yang baru terinfeksi. Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, kenaikan kasus positif dan kasus aktif biasanya terjadi dua hingga empat pekan usai lebaran atau liburan.

Peningkatan kasus lantaran meroketnya mobilitas dan penerapan protokol kesehatan (prokes) yang kurang baik. Tapi kini tidak ada lonjakan kasus, bahkan tidak ditemukan munculnya varian baru covid-19.

"Kenaikan kasus di Indonesia selalu terjadi bersamaan dengan munculnya varian baru yang termasuk varian of concern. Seperti varian Delta setelah masa lebaran tahun lalu dan varian Omicron usai libur natal-tahun baru lalu," jelas dia.

Baca: Pemprov Bengkulu Belum Izinkan Lepas Masker di Ruang Terbuka

Pemerintah menilai capaian ini berkat penerapan prokes secara disiplin. Ia berharap tidak ada lagi ditemukan varian covid-19 yang lebih ganas dari Delta dan Omicron.

"Dapat kami simpulkan bahwa mulai penggunaan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan rutin, melakukan vaksinasi booster serta gaya hidup sehat dan prokes lainnya terbukti efektif menekan kasus di tengah masyarakat," beber dia.

(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id