comscore

Ayo Cegah Pelecehan Seksual Anak dengan edukasi PANTS

MetroTV - 28 Juni 2022 12:30 WIB
Ayo Cegah Pelecehan Seksual Anak dengan edukasi PANTS
Psikolog Novita Tandry menyebut ada lima hal yang perlu orang tua ajarkan kepada anak-anak sejak dini. M<
Jakarta: Seorang pria baru-baru ini ditangkap petugas keamanan di salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan. Pelaku tertangkap tangan setelah kepergok melecehkan sejumlah anak kecil.

Pelecahan terhadap anak diduga terus terjadi karena kurangnya efek jera yang diterima para pelaku. Selain itu, pelecahan anak terhadap anak sulit terpantau.
“Pelaku semakin berani, karena mungkin efek jeranya kurang. Keberadaan orang-orang ini tidak dideteksi, jadi pembiaran terus terjadi,” ujar psikolog Novita Tandry dalam program Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Selasa, 28 Juni 2022. 

Novita menyebut ada lima hal yang perlu orang tua ajarkan kepada anak-anak sejak dini. Kelimanya terangkum dalam Underwear Rules atau P.A.N.T.S. Ini penjelasannya:

1. (P)rivate Parts are Private

Anak harus diberikan pengertian bahwa semua bagian tubuh yang tertutup dengan baju wajib dilindungi. Mulai dari organ intim, dada, dan bokong.

Bagian-bagian tersebut juga tidak boleh disentuh sembarangan orang. 

2. (A)lways Remember that Your Body Belongs to You

Terus ingatkan jika badannya adalah miliknya. Badannya tidak boleh diperlihatkan sembarangan kepada orang lain. Terutama pada orang asing. 

3. (N)o Means No

Orang tua diharapkan dapat mengajarkan anak untuk menolak saat diminta atau dipaksa melakukan hal yang membuatnya tidak nyaman.

“Kalau sudah katakan tidak, jawabannya akan selalu tidak,” tegas Novita. 

4. (T)alk about secrets that Upset You

Artinya, anak harus diajarkan untuk tetap bicara meskipun seseorang memintanya merahasiakan dari orang terdekat, seperti orang tua. Ini harus diajarkan sejak dini, mulai dari usia 3 tahun. 

5. (S)peak Up, Someone Can Help

Ingatkan anak bahwa hal yang membuatnya tidak nyaman atau menimbulkan sakit harus dibicarakan kepada orang terdekat. Begitu pula jika ada orang membuatnya melakukan hal yang tidak dia suka.

“Pengingat-pengingat seperti ini harus terus diberikan secara berulang,” kata Novita. 

Baca: Viral, Pria Pengidap Gangguan Mental Lecehkan Anak di Mal Bintaro Xchange

Novita juga menyarankan agar orang tua memberikan pengertian pada anak untuk tidak berbicara pada orang asing tanpa izin. Orang tua juga bisa melindungi anak dengan kemampuan bela diri. Sehingga, anak bisa melawan dan menyelamatkan dirinya saat hal tak diinginkan terjadi. (Fatha Annisa)

(SUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id