BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Sejumlah Perairan Indonesia

    Atalya Puspa - 19 Mei 2021 10:45 WIB
    BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Sejumlah Perairan Indonesia
    Ilustrasi gelombang tinggi. AFP/Fadel Senna



    Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia. Cuaca buruk di laut Nusantara berpotensi terjadi pada 19-20 Mei 2021.

    Gelombang diakibatkan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara yang umumnya bergerak dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan berkisar 5-25 knot. Sementara di wilayah Indonesia bagian selatan, angin umumnya bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan  5-25 knot.

     



    "Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan utara Sabang, perairan Kepulauan Nias, Laut Banda, Laut Arafuru, dan perairan Merauke," papar BMKG dalam keterangan tertulis, Rabu, 19 Mei 2021.

    Kondisi angin dua wilayah tersebut mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang hingga 1,25-2,5 meter. Gelombang tinggi berpeluang terjadi di beberapa perairan seperti perairan timur Simeulue-Kepulauan Mentawai; perairan Bengkulu-Enggano; perairan barat Lampung; Teluk Lampung bagian selatan; Selat Sunda bagian selatan; dan Samudra Pasifik utara Halmahera-Papua.

    Baca: Sejumlah Perairan Indonesia Berpotensi Mengalami Gelombang Tinggi

    Gelombang setinggi 2,5-4 meter juga berpeluang terjadi di perairan Indonesia lain. Di antaranya perairan utara Sabang; perairan barat Aceh-Kepulauan Mentawai; Samudra Hindia barat Sumatra; Samudra Hindia selatan Jawa-NTB; Laut Natuna utara; perairan selatan Kepulauan Babar-Tanimbar; perairan selatan Kepulauan Kei-Aru; dan Laut Arafuru

    BMKG mengingatkan potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah tersebut dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran. BMKG selalu mengimbau masyarakat untuk selalu waspada.

    "Dan mohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," tulis peringatan tersebut.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id