Satgas: Varian R.1 Jadi Pengingat Covid-19 Belum Lenyap

    Fachri Audhia Hafiez - 28 September 2021 18:06 WIB
    Satgas: Varian R.1 Jadi Pengingat Covid-19 Belum Lenyap
    Ilustrasi/Medcom.id



    Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menilai kemunculan varian baru virus korona sebagai sinyal pengetatan protokol kesehatan (prokes). Terlebih, muncul varian R.1 yang kini menjadi sorotan.

    "Kemunculan kembali varian baru seharusnya menjadi pengingat bagi kita bersama bahwa covid-19 belum sepenuhnya hilang dari dunia ini," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito melalui konferensi televideo, Selasa, 28 September 2021.

     



    Baca: Kasus Harian Covid-19 Bertambah 2.057, Pasien Sembuh 3.551

    Wiku mengatakan saat ini R.1 masih tergolong varian dengan kategori under monitoring oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sehingga, perlu ditindaklanjuti dengan pemantauan lebih lanjut.

    Varian R.1, kata Wiku, pertama kali teridentifikasi oleh WHO pada Januari 2021 di Jepang. Varian ini telah menyebar di beberapa wilayah di Amerika Serikat.

    Penerapan protokol kesehatan prokes yang optimal dinilai sebagai formula tepat mencegah varian itu menular lebih luas. Wiku berharap konsistensi masyarakat terhadap prokes tak luntur.

    "Untuk itu sikap yang paling bijak kita lakukan ialah konsisten menjalankan protokol kesehatan di seluruh aspek kehidupan tanpa harus takut secara berlebihan," ujar Wiku.

    Pada kesempatan terpisah, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, menegaskan varian R.1 belum terdeteksi di Indonesia. Potensi penularan varian tersebut belum diketahui.

    "Iya karena ini masih varian under monitoring ya. Jadi kelasnya di bawah dari varian Mu, Lambda, atau C12," ujar Nadia kepada Medcom.id.

    Varian R.1 sempat menyebar di panti jompo Kentucky, Amerika Serikat. Varian tersebut menyebar pada 45 penghuni serta staf. Sebab, anggota staf tidak divaksin dan memicu infeksi varian tersebut.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id