Pemerintah Diminta Tinjau Ulang Aturan Tes Covid-19 dan Vaksin di Transportasi

    M Rodhi Aulia - 21 Juli 2021 22:05 WIB
    Pemerintah Diminta Tinjau Ulang Aturan Tes Covid-19 dan Vaksin di Transportasi
    Ilustrasi PPKM Darurat. Medcom.id



    Jakarta: Persyaratan wajib rapid test/PCR (polymerase chain reaction) dan vaksin untuk penumpang angkutan umum, terutama antar-pulau dinilai kurang efisien dan efektif. Pemerintah diminta meninjau ulang persyaratan tersebut.

    "Pengguna transportasi publik antar-pulau sebaiknya tidak terhambat dengan persyaratan yang berat. Yang penting terapkan protokol kesehatan dan diawasi ketat selama menggunakan transportasi publik," kata Pemerhati Transportasi, Bambang Haryo Soekartono dalam keterangan tertulis, Rabu (21/7/2012).

    Bambang berharap terdapat perbedaan kewajiban untuk penumpang yang sudah divaksin dan yang belum. Ia mengatakan penumpang yang sudah divaksin seharusnya tidak perlu melakukan rapid test/PCR, sementara syarat rapid test/PCR cukup berlaku bagi penumpang yang belum divaksin. 

    "Cukup satu syarat saja dan prokes diperketat. Di banyak negara, transportasi domestiknya hanya cek suhu tubuh," ujarnya.

    Anggota DPR RI periode 2014-2019 ini khawatir syarat yang memberatkan itu sekadar menjadi formalitas. Alhasil tujuan persyaratan menjadi tidak jelas dan bisa disalahgunakan oleh oknum untuk memalsukan syarat tersebut.

    Menurut Bambang, masyarakat lebih baik didorong menggunakan angkutan umum jika harus bepergian di masa pandemi sebab perjalanannya lebih mudah dipantau ketimbang mereka menggunakan kendaraan pribadi. Pasalnya, penumpang angkutan umum tercatat dalam manifes dan tujuannya jelas sehingga mudah dideteksi, sedangkan kendaraan pribadi sulit dikendalikan dan diawasi.

    "Diharapkan ada perubahan kebijakan yang mempermudah masyarakat menggunakan transportasi publik sehingga masyarakat mau dan nyaman menggunakan transportasi publik," ucap Bambang.


    (DHI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id