Pesawat Penjemput WNI di Wuhan Disterilisasi

    Atalya Puspa - 03 Februari 2020 10:54 WIB
    Pesawat Penjemput WNI di Wuhan Disterilisasi
    Pesawat Batik Air yang digunakan mengevakuasi WNI di Wuhan, Tiongkok. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
    Jakarta: Pesawat Batik Air yang digunakan menjemput warga negara Indonesia (WNI) di Wuhan, Hubei, Tiongkok, disterilisasi. Proses sterilisasi meliputi pembersihan, penyemprotan, hingga penggantian penyaringan udara kabin.

    Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala, menyatakan, proses pembersihan Airbus tipe A330-300 CEO itu dilakukan dengan menyemprotkan cairan multiguna pembunuh kuman, bakteri, virus, dan lainnya. Penyemprotan dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan berlangsung sekitar dua jam.

    "Pekerjaan mencakup di kabin, kokpit dan kompartemen kargo bagian bawah pesawat," kata Danang di Jakarta, Senin, 3 Februari 2020.

    Setelah disterilisasi, KKP dan TNI AU memberikan izin kepada tim pusat perawatan pesawat Batam Aero Technic (BAT) untuk melakukan penggantian High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter. HEPA filter merupakan alat penyaring untuk sirkulasi udara dalam pesawat.

    Danang memastikan prosedur tersebut sesuai anjuran Airbus. Sebab, sistem HEPA sangat efektif untuk menyaring virus dalam sirkulasi udara kabin pesawat.

    "Semua HEPA filter yang sudah dilepas, selanjutnya dibungkus menggunakan pembungkus khusus untuk diserahkan kepada pihak yang berwenang guna pemusnahan dengan cara dibakar," lanjut Danang.

    Setelah dinyatakan steril oleh KKP, pesawat ditarik ke hangar Batam Aero Technic untuk tahapan jadwal perawatan pesawat berkala.

    Sebanyak 238 WNI dievakuasi dari Wuhan, Hubei, Tiongkok, menggunakan pesawat Batik Air. WNI yang kembali ke Tanah Air dipastikan dalam keadaan sehat. Mereka dibawa ke Pangkalan Militer Natuna, Kepulauan Riau, untuk dilakukan observasi.





    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id