RS Persahabatan Rawat 44 Pasien Korona

    Zaenal Arifin - 24 Maret 2020 00:37 WIB
    RS Persahabatan Rawat 44 Pasien Korona
    Direktur Utama RSUP Persahabatan Rita Rogayah. Medcom.id/Zaenal Arifin
    Jakarta: Sebanyak 44 pasien virus korona (covid-19) tengah dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Jakarta Timur. Mereka dirawat di dua ruang berbeda, yakni ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) isolasi dan ruang rawat inap isolasi.

    "Jumlah pasien yang kami rawat saat ini (di IGD isolasi) berjumlah 24 pasien, laki-laki 12, perempuan 12," kata Direktur Utama RSUP Persahabatan Rita Rogayah di kantornya, Jakarta, Senin, 23 Maret 2020.

    Rita mengatakan dari 24 pasien itu, enam pasien sudah dinyatakan positif covid-19. Sedangkan 18 pasien lain masuk dalam kelompok Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

    Kemudian, untuk pasien yang dirawat di ruang rawat inap isolasi ada sebanyak 20 pasien. Laki-laki 14 pasien dan perempuan enam pasien.

    "Ruang isolasi saat ini merawat pasien dengan hasil swap positif (covid-19) berjumlah 15 pasien, PDP 5 pasien," ujarnya.

    Baca: 4 Pasien di RSUP Persahabatan Meninggal

    Jumlah pasien yang meninggal sejak 21 hingga 23 Maret 2020 sebanyak empat pasien. Tiga pasien dokter, dan satu guru besar Universitas Indonesia.

    "Dari empat pasien ini, tiga memiliki penyakit komorbit (bawaan)," kata Rita.

    RS Persahabatan Rawat 44 Pasien Korona
    Ilustrasi Medcom.id

    Untuk memantau kegiatan pasien yang dirawat di ruang isolasi, RSUP Persahabatan memasang kamera pengawas (CCTV), "Dan dipantau secara rutin oleh perawat dengan menggunakan APD (alat pelindung diri) lengkap," tegas dia.

    Total pasien positif korona per Senin, 23 Maret 2020, menjadi 579 orang. Pasien yang meninggal mencapai 49 jiwa, sedangkan pasien yang dinyatakan sembuh menjadi 30 orang.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id