Pulau Galang Segera Tampung Pasien Covid-19 Gejala Sedang

    Nur Azizah - 29 Juni 2020 12:54 WIB
    Pulau Galang Segera Tampung Pasien Covid-19 Gejala Sedang
    RS Darurat Pulang Galang. Dokumentasi Kementerian PUPR
    Jakarta: Presiden Joko Widodo berencana memanfaatkan Rumah Sakit Darurat Pulau Galang, Kepulauan Riau untuk merawat pasien covid-19 dengan gejala sedang. RS Darurat itu selama ini hanya untuk pasien covid-19 dengan gejala ringan.

    "Bapak Presiden menyampaikan untuk pemanfaatan Pulau Galang bagi pasien yang sakit sedang," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo, Jakarta, Senin, 29 Juni 2020.

    Doni mengatakan rencana ini masih dipertimbangkan. RS Darurat Pulau Galang resmi beroperasi pada 6 April 2020. RS tersebut dilengkapi dengan ruang observasi yang bisa menampung 500 tempat tidur. Ruang observasi ini dibangun menyerupai barak.

    Satu barak terdiri atas enam hingga delapan tempat tidur. Selain ruang observasi, terdapat ruang isolasi yang dibangun untuk 50 orang dan 30 kamar intensive care unit (ICU).

    Baca: Para Menteri Dituntut Buat Terobosan Baru Tangani Covid-19

    Bangunan ini merupakan tempat penampungan pengungsi Vietnam yang dipakai sejak 1979 hingga 1996. RS Darurat Pulau Galang masih merawat 19 orang positif covid-19 per Senin, 29 Juni 2020. Jumlah ini berkurang 15 orang dari hari sebelumnya, yakni 34 orang.

    "Untuk Pulau Galang, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) ada lima orang dan orang dalam pemantauan (ODP) sembilan orang," ucap Perwira Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan-I) Kolonel Marinir Aris Mudian di Jakarta, Senin, 29 Juni 2020.

    Belum ada pasien yang meninggal di RSKI Pulau Galang. Sementara itu, satu pasien dirujuk ke RS lain. Dan pasien pulang untuk isolasi mandiri dan sembuh sebanyak 198 orang.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id